Teknologi
Sabtu, 25 Juli 2015 - 06:30 WIB

TRENDING SOSMED : Joshua dan Comic Tanah Air Ramai-Ramai Kecam Akun Twitter @Dagelandotco

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joshua Suherman (Twitter.com/@jojosuherman)

Trending Sosmed kali ini mengulas tentang dugaan pencatutan karya sejumlah komedian Tanah Air.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah komedian Tanah Air beramai-ramai menggaungkan tanda pagar (tagar) atau hashtag #JokeYangBolehDicopas, Jumat (24/7/2015). Selain itu, muncul pula kata “Dagelan” sebagai salah satu trending sosmed di Twitter. Ada apa?

Advertisement

Usut punya usut, penggerak tagar #JokeYangBolehDicopas adalah beberapa komedian Tanah Air yang merasa karyanya telah dicatut oleh pihak pemilik akun Twitter @Dagelandotco.

Pantauan Solopos.com pada isu dugaan pencatutan karya tersebut, setidaknya ada tiga komedian yang secara terbuka menggaungkan sindiran keras kepada pihak @Dagelandotco. Tiga komedian tersebut adalah Joshua Suherman, Ernest Prakasa, dan Pandji Pragiwaksono.

“Teman2 yg peduli sama masalah pencurian konten oleh Dagelan, bisa bantu dgn RT twit gw yg sebelum ini ya 🙂,” tulis Ernest dengan akun Twitter @ernestprakasa.

Advertisement

Tanpa berbelit-belit, sebelumnya Ernest menulis pentingnya membuktikan suatu karya yang telah dicatut.

“Buktikan klo konten lo dicolong Dagelan: Skrinsyut konten lo di Dagelan, lalu konten asli yg lo bikin DULUAN. Harus ada dua2nya. Yuk gerak,” tulis @ernestprakasa.

“Dear Dagelan, Kendall Jenner lucu nih..Copas gih,” tulis @jojosuherman menyindir.

Di sisi lain, Pandji Pragiwaksono turut berkicau tentang isu panas dugaan pencurian karya komedian ini.

Advertisement

“Okay, mari kita bahas soal tudingan thd @Dagelandotco yg menurut banyak orang (termasuk para korban) suka nyuri konten kreatif orang lain,” tulis Pandji dengan akun @pandji.

“Byk yg blg begituan doang dimasalahin? Yg ngomong gitu gue yakin ga pernah berkarya, ga pernah punya ide yg saking bagus sampe dicuri org,” lanjut @pandji. Tweet Pandji ini kemudian dikutip ulang oleh Joshua Suherman.

Sadar penjabaran tentang dugaan pencatutan karya ini memakan ruang tulis yang lebih luas, Pandji berupaya menjelaskan duduk perkaranya lewat kicauan di Blog-nya.

“Nah berhubung gue akan ngomong panjang soal @Dagelandotco yg nyuri konten kreatif sementara gue ga doyan kultwit, jadi gue tulis aja di blog,” tulis Pandji.

Advertisement

Saat Solopos.com coba telusuri Blog tersebut, tampak Pandji memberi judul tulisan Dari Apa yang Kita Cintai.

Melalui tulisan Dari Apa yang Kita Cintai tersebut, Pandji membeberkan penemuan dugaan pencatutan ini diungkap oleh Ernest. Bahkan akun @bhaguz_403 pun turut memberi kesaksian bahwa akun @Dagelandotco juga kerap mengambil konten lucu dari majalah Makemac tanpa menyebutkan sumbernya.

Pandji memiliki beberapa pandangan soal akun @Dagelandotco ini. Ada beberapa kemungkinan yang ia ungkapkan. Pertama, mungkin pihak akun tersebut bukan penjahat melainkan orang yang benar-benar tidak tahu soal bagaimana cara mengutip konten lelucon orang lain.

Kemungkinan kedua, barangkali pihak di balik @Dagelandotco adalah orang yang disebut Pandji sebagai orang bodoh.

Advertisement

“Saya rasa orang orang dibalik dagelandotco ini bukan penjahat. Mungkin memang tidak tahu bahwa itu mencuri. Atau separah parahnya, mungkin mereka goblok aja. Karena didunia ini, banyak sekali yang tidak sadar ketika mereka mengunduh lagu dari 4shared adalah illegal,” tulis Pandji di Blog-nya.

Sementara itu, sejumlah pengguna Internet (netizen) yang mengikuti isu pencatutan karya sejumlah komedian ini pun turut berpendapat.

“Komedian ngambek komedi sumber hidupnya diambil dagelan. Mungkin biar tau rasanya sumber hidup tukang ojek lokal yang diambil tukang gojek,” tulis @kennedi_1000.

“Dagelan biar aman, harusnya ngambil jokes dari selebtwit Thailand,” tulis @satriaoo.

“Whoaaa ternyata timeline lagi rame bahas jokea Dagelan yang nyatut sana-sini. Whoa ke mana aja, Bu Putri? Whoaa lagi meluk toples nastar,” tulis @PtrOlga.

“Hei @dagelandotco pantengin tlnya @jojosuherman lucu tuh copas aja haha,” sahut @ria_andesita.

Advertisement

“Harusnya @Dagelandotco mengerti, yang mereka comot itu ada yang melibatkan perasaan dan hati :’)),” tulis @wiranagara.

Lalu, masih dalam perbincangan soal akun Dagelan, muncul pula netizen @liberttt dan ?@MahasiswiCakep  yang mengaku sebagai admin dari Dagelan.

“Kesan saya selama menjadi admin Dagelan enak, cukup mantengin selebtwit kesukaan saya, kalo ada yang bagus ya tinggal repost,” tulis @libertttt.

“Jadi admin Dagelan itu enak, banyak follower banyak duit. Bodo amat sama hasil karya orang, yang penting mah asikin aja lagi 😀,” lanjut @libertttt.

“Saya sebagai admin dagelan diam saja dulu ya,” sahut @MahasiswiCakep.

Akun @Dagelandotco sendiri memiliki 40.700 pengikut atau follower. Di tengah perbincangan soal tudingan pencatutan karya oleh @Dagelandotco ini, tampak pihak @Dagelandotco terus melakukan aktivitasnya di timeline dengan memposting meme-meme berkonten humoris. Perbedaannya, pihak akun itu menuliskan “regram” sebagai tanda bahwa ia mengutip konten humor dari orang lain.

Hingga berita ini turun, belum ada kejelasan soal karya apa saja yang diklaim sejumlah komedian, khususnya Pandji, Joshua, dan Ernest yang telah dicatut akun @Dagelandotco. Pihak akun tersebut pun belum memberi pernyataan resmi menanggapi kritik keras para komedian tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif