Sport
Sabtu, 25 Juli 2015 - 08:25 WIB

PIALA KEMERDEKAAN : Persis Jadi Tuan Rumah Laga Pembuka

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemai Persis berselebrasi. Solo siap menjadi tuan rumah Piala Kemerdekaan. JIBI/Solopos/dok

Piala Kemerdekaan rancangan Kemenpora akan segera bergulir. Persis akan menjadi tuan rumah untuk laga pembuka.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo akan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah laga pembuka turnamen Piala Kemerdekaan. Kick off turnamen yang rencana mulai digelar 2 Agustus di Stadion Manahan itu akan mempertemukan duel penyisihan Grup C antara tuan rumah Persis dengan Persiba Bantul.

Advertisement

Keputusan Persis menjadi tuan rumah laga pembuka memang belum resmi
diumumkan oleh Tim Transisi Kemenpora selaku penyelenggara turnamen. Namun, salah satu anggota Tim Transisi, Cheppy Wartono, membenarkan jika upacara pembukaan turnamen yang diikuti oleh 24 tim itu akan digelar di Solo.

“Upacara pembukaan nanti rencana digelar di Solo dan dibuka langsung
oleh Presiden Joko Widodo. Kemungkinan besar tanggal 2 Agustus, karena tanggal 1 Agustus, presiden ada agenda Muktamar Nahdatul Ulama di Jombang. Setelah dari Jombang mungkin langsung ke Solo untuk membuka turnamen,” ujar Cheppy saat dihubungi Espos, Jumat (24/7/2015).

Cheppy juga optimistis kick off Piala Kemerdekaan bakal berjalan sesuai rencana. Kick off turnamen akan digelar 2 Agustus atau mundur satu hari dari agenda sebelumnya, yakni 1 Agustus.
“Kami optimistis semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Karena itu saat ini kami sedang bekerja ekstra keras untuk menyiapkan kelengkapannya. Soal operator turnamen, rencana akan kami umumkan dalam waktu atau satu dua hari kedepan. Sedangkan untuk ketentuan teknis pertandingan akan kami umumkan kepada masing-masing tim dalam manajer meeting, tiga hari sebelum kick off atau tanggal 30 Juli nanti,” imbuh Cheppy.

Advertisement

Selain didapuk menggelar laga pembukaan, Persis juga didaulat sebagai
salah satu tuan rumah pada babak penyisihan di Grup C bersama Persiba.
Meski demikian, di antara kedua tim ini, Persis yang lebih utama sebagai tuan rumah karena tak sekali pun bertanding di luar kandang mereka.

“Berbeda dengan Persiba. Kalau mereka berjumpa Persis, otomatis mereka harus tandang ke Solo. Jadi Persiba hanya tampil sebagai tuan rumah kalau lawannya bukan Persis,” beber Cheppy.

Di sisi lain, Persis mengaku siap jika untuk menjawab kepercayaan sebagai tuan rumah laga pembuka. Meski demikian, hingga saat ini masih ada beberapa kesepakatan yang belum final antara panitia pelaksana pertandingan (Panpel) Persis dengan pihak Kemenpora.

Advertisement

“Kalau ditunjuk sebagai tuan rumah kami tentu siap-siap saja. Tapi memang sampai saat ini belum ada kesepakatan resmi, baik surat penunjukkan tuan rumah, maupun pembagian tanggung jawab, salah satunya pembiayaan stadion untuk tim yang berlaga, dan juga biaya keamanan. Kalau semuanya dibebankan ke Panpel setempat [Persis] jelas berat,” ujar Ketua Panpel Persis, Hery “Gogor” Isranto. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif