News
Sabtu, 25 Juli 2015 - 07:50 WIB

KETERSEDIAAN AIR MINUM : Pasokan Seret, Harga AMDK Melambung

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi galon air (Dok/Solopos)

Ketersediaan air minum dalam kemasan (AMDK) tersendat mengakibatkan harganya naik.

Solopos.com, SOLO—Harga air minum dalam kemasan (AMDK) jenis galon maupun gelas di kawasan Kota Solo melambung. Seretnya pasokan selama libur Lebaran diduga menjadi pemicu mahalnya harga AMDK di pasaran.

Advertisement

Data yang dihimpun solopos.com, Jumat (24/7/2015), kenaikan harga mulai terjadi beberapa hari menjelang Lebaran. Hampir semua merek AMDK mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Salah satu pengelola agen AMDK di kawasan Jl RM Said, Raharjo, mengaku sudah tiga hari terakhir tidak dipasok air galon kemasan. Padahal, permintaan AMDK saat ini sangat tinggi.

“Sudah tiga hari terakhir ini tidak distok. Padahal cuaca panas dan musim kemarau kebutuhan air minum kan tinggi tetapi dari pabrik ternyata belum keluar. Saya sampai mencari ke toko-toko lain untuk memenuhi permintaan pelanggan,” tuturnya saat ditemui solopos.com di kios setempat, Jumat siang.

Advertisement

Dia pun terpaksa menaikkan harga karena kekosongan stok AMDK. Secara detail, satu galon air minum dalam kemasan merek Aqua dijual seharga Rp18.000. Padahal, harga normal berada di kisaran Rp16.000 per galon. Sementara, merek Aguaria dan VIT naik Rp1.000 menjadi Rp13.000 per galon.

Kenaikan harga juga disampaikan pemilik Kios Papi di Joho, Manahan, Gunawan. Menurutnya, harga AMDK sempat naik saat libur Lebaran. Namun demikian, pasokan sudah normal saat Jumat pagi.

“Kemarin galon merek Aqua harga jualnya sampai Rp17.000, tetapi ini mulai normal. Pasokannya memang enggak ada selama Lebaran, biasanya dikirimi sampai 30 galon. Tidak hanya di kios-kios, di supermarket pun juga naik kok,” paparnya saat ditemui solopos.com di kios setempat, Jumat.

Advertisement

Selain galon, air minum kemasan gelas hingga kini masih tinggi. Merek Aqua yang biasanya dijual tidak lebih dari Rp29.000/boks, kini naik menjadi Rp29.000/boks. Merek Cleo dijual sekitar Rp23.000/boks, VIT Rp20.000/boks dan Club Rp20.000/boks.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif