News
Sabtu, 25 Juli 2015 - 12:45 WIB

INSIDEN TOLIKARA : Menkopolhukam: Situasi Tolikara Kondusif

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tedjo Edhy Purdijatno (JIBI/Solopos/Antara)

Insiden Tolikara di Papua terjadi pada Salat Id lalu.

Solopos.com, JAYAPURA – Situasi di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, telah kondusif pascainsiden pada Jumat (17/7/2015) pagi.

Advertisement

“Aman dan kondusif itu yang penting. Jadi, saya ulangi lagi, Tolikara sudah aman dan kundusif. Hal ini juga ditegaskan dalam pertemuan Forkompimda kemarin,” kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Mekopolhukam) Tedjo Edhy Purdijatno di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (25/7/2015).

Situasi aman dan kondusif, kata Menkopolhukam, bisa diketahui berdasarkan laporan yang masuk dari berbagai pihak, mulai dari keamanan, eksekutif Papua, dan tokoh agama.

“Laporan yang saya terima, termasuk dari rekan wartawan sampaikan bahwa Salat Jumat sudah digelar pada kemarin siang, berjalan aman dan lancar di Karubaga, tidak ada larangan ataupun gangguan,” kata dia.

Advertisement

Dengan adanya Salat Jumat itu, Menkopolhukam mengatakan komitmen pemerintah daerah setempat, provinsi, dan pemangku kepentingan terutama umat Islam dan Nasrani Papua telah menunjukkan kemauan keras menyelesaikan persoalan tersebut.

“Para tokoh agama Papua juga inginkan bahwa biarlah masalah Tolikara mereka yang urus dengan baik dan bijak, karena baik Muslim dan Nasrani Papua secara umum hidup rukun dan toleransi di Papua. Mereka menyatakan mampu menyelesaikan persoalan itu,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif