Otomotif
Jumat, 24 Juli 2015 - 19:45 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Kelistrikan Bermasalah, Trail Yamaha WR250R Ditarik

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha WR250R (Okezone.com)

Sepeda motor Yamaha WR250R mengalami masalah pada penutup coil starter.

Solopos.com, KALIFORNIA – Yamaha menarik kembali (recall) sepeda motor trail WR250R dan WR250X di Amerika Serikat (AS). Penarikan itu dilakukan karena terjadi permasalahan pada bagian kelistrikan.

Advertisement

Seperti dilansir laman Asphaltandrubber, Senin (20/7/2015), sepeda motor Yamaha WR250R yang ditarik adalah produksi 2008 hingga 2015. Sedangkan WR250X yang ditarik merupakan produksi 2008 hingga 2011.

Berdasarkan pemaparan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), permasalahan pada dua motor penggaruk tanah yang legal digunakan di jalan raya itu terdapat pada penutup kumparan starter (starter coil) yang mudah rusak yang mengakibatkan hubungan arus pendek.

Masalah itu dapat menyebabkan aki melepaskan dan mengurangi output listrik secara keseluruhan. Hal tersebut akan berpengaruh pada sejumlah sistem seperti spidometer, lampu-lampu, bahkan berpotensi menyebabkan kerusakan mesin.

Advertisement

Dalam siaran resminya, Yamaha AS mengatakan akan memeriksa seluruh sepeda motor Yamaha WR250R dan WR250X yang mengalami masalah tersebut. Pabrikan berlambang garpu tala itu berjanji akan mengganti kumparan starter dengan yang baru serta meningkatkan kualitas penutup kumparan agar dapat menahan panas yang tinggi.

Seperti diketahui, Yamaha WR250R juga diluncurkan di Indonesia sejak Maret 2015. Karena statusnya yang impor secara utuh (CBU), tidak menutup kemungkinan unit yang dipasarkan di Tanah Air juga memiliki masalah serupa. Kendati demikian belum ada pengumuman resmi dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif