Lifestyle
Kamis, 23 Juli 2015 - 17:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Olahraga Ringan Ini Mampu Obati Nyeri Lutut

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyeri di lutut (Healthline.com)

Tips kesehatan memberikan Anda informasi untuk meredakan nyeri lutut.

Solopos.com, SOLO – Apakah lutut Anda terasa nyeri setelah berjalan jauh? Apakah Anda harus berpegangan saat menaiki tangga? Itu tanda kalau lutut Anda bermasalah.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Kamis (23/7/2015), dari Dailymail.co.uk, masalah nyeri lutut disebabkan oleh menurunnya kekuatan sendi dan otot lutut.

Seorang ahli tulang dari University of Leeds, Inggris, Profesor Philip Conaghan mengatakan, “cara untuk mengatasi nyeri lutut adalah dengan menguatkan otot-otot disekitar lutut.”

Ia juga menjelaskan olahraga ringan akan sangat membantu memperkuat otot lutut.

Advertisement

“Otot  menyokong sendi, jadi cara terbaik adalah menguatkan otot tersebut terlebih dahulu,” tutur Philip.

Berikut ini adalah olahraga ringan dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri lutut:

Untuk Menguatkan Otot Paha
Berbaringlah di lantai atau tempat tidur, posisikan satu kaki lurus dan satunya lagi ditekuk, pastikan kaki Anda menempel di lantai atau tempat tidur tersebut.

Advertisement

Selipkan bantal di bawah kaki yang lurus, lalu tekan bantal tersebut sekuat dan senyaman mungkin, tahan selama lima detik. Ulangi gerakan tersebut 30 kali di kaki yang sakit. Lakukan hal yang sama pada kaki satunya. Lakukan gerakan ini selama lima pekan berturut-turut.

Untuk Kelenturan Lutut 
Duduklah di lantai atau tempat tidur lalu luruskan satu kaki Anda, gerakan ini dilakukan untuk melenturkan otot paha belakang. Miringkan badan Anda kearah kaki yang lurus, tahan selama 30 detik. Cobalah untuk meraih ujung kaki Anda, lalu lakukan gerakan ini lima kali. Ulangi gerakan tersebut di kaki satunya. Lakukan 1-5 kali sehari selama sepekan.

Otot Pantat
Berdiri dan beri jarak antara dua kaki Anda, lalu berjinjitlah. Letakkan satu tangan anda di kursi dan perlahan tekuk lutut Anda (posisi squat). Tahan posisi tersebut dan ulangi beberapa kali.  Anda juga bisa menguatkan otot pantat dengan berlari atau bersepeda. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif