Soloraya
Kamis, 23 Juli 2015 - 02:45 WIB

PENERANGAN JALAN UMUM : Pemkab Karanganyar Terima Bantuan 22 PJU dari Pemprov

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerangan jalan umum (JIB/Bisnis/Rachman)

Penerangan jalan umum akan ditambahkan di jalan Karanganyar menyusul bantuan dari pemprov.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menerima bantuan 22 tiang lampu penerangan jalan umum (PJU) dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Advertisement

Pemkab menerima bantuan 22 lampu PJU jenis LED 56 watt. Kepala Seksi Penerangan Jalan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar, Hari Purnomo, menuturkan 22 lampu PJU itu dipasang di jalan milik Provinsi Jateng yakni di wilayah Colomadu.

“Kami pasang di jalan menuju Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali. Sengaja kami pasang pada jalan menuju bandar udara karena memang lokasi itu membutuhkan penerangan,” kata Hari kepada Solopos.com, Rabu (22/7/2015).

Selain pemasangan 22 lampu PJU di Colomadu, DKP juga memasang tujuh lampu di sekitar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar pada Maret lalu. “Nah, kalau yang di dekat RSUD ini karena pertimbangan keamanan. Ada laporan banyak copet sehingga kami pasang lampu PJU untuk meningkatkan keamanan,” ujar dia.

Advertisement

Sedangkan tentang pengadaan lampu di Palur-Kebakkramat, Hari menuturkan Pemkab sudah mengajukan kepada pemerintah pusat. Hal itu berkaitan dengan status jalan Palur-Kebakkramat adalah jalan nasional. Hari menuturkan DKP menunggu proses pengerjaan flyover sekaligus penataan lampu PJU di sekitar flyover.

Hari juga menyampaikan Pemkab sedang menyelenggarakan lelang pengadaan PJU solar cell atau tenaga surya pada 2015 dengan nilai Rp9,6 miliar. “Kurang tahu ada berapa lampu. Tetapi, prioritas penerangan jalan di wilayah 4J yaitu Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, Jatiyoso. Ada juga di Mojogedang, Jenawi, Tasikmadu, Karanganyar, dan lain-lain. Kalau yang Karanganyar itu dari depan BRI sampai Papahan,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif