Otomotif
Kamis, 23 Juli 2015 - 15:40 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Wow, Bodi Mobil Ini Tampilkan Detak Jantung Pengemudi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fitur Lexus Heartbeat pada Lexus RC F. (Youtube.com)

Inovasi otomotif oleh Lexus mampu tampilkan detak jantung pengemudi di eksterior mobil.

Solopos.com, SYDNEY – Divisi mobil mewah Toyota, Lexus, menciptakan mobil yang dapat menampilkan detak jantung pengemudinya di bagian eksterior. Lexus mengklaim inovasi otomotif tersebut sebagai yang pertama di dunia.

Advertisement

Seperti dilansir laman Dailymail, Selasa (21/7/2015), mobil yang mampu menampilkan detak jantung pengemudinya itu adalah Lexus RC F bermesin V8 terbaru. Tidak sendirian, Lexus menggarap inovasi otomotif itu bersama perusahaan di bidang industri kreatif asal Australia, M&C Saatchi.

Cara kerja fitur pendeteksi detak jantung itu terbilang unik. Sejumlah sensor yang tertanam pada jok serta perangkat yang dipasangkan di dada pengemudi akan menangkap dan mengubah ritme detak jantung menjadi sinyal bermuatan listrik yang kemudian dikirim ke bodi Lexus RC F melalui panel khusus.

Dengan bodi mobil yang sudah terlebih dahulu dilapisi dengan cat electroluminescent racikan perusahaan cat Luminor asal Amerika Serikat, bodi mobil dapat memendarkan cahaya sesuai sinyal yang dikirim dari panel khusus tadi. Pendaran cahaya itu memiliki ritme yang sama persis dengan detak jantung pengemudi saat itu juga.

Advertisement

Chief Executive Lexus Australia, Sean Hanley, mengatakan fitur unik yang belum pernah dijumpai di mobil manapun di seluruh dunia itu disebut Lexus Heartbeat. Ia menjelaskan Inovasi otomotif itu diciptakan sebagai bagian dari peningkatan citra merek Lexus pada mobil seri F.

“Lexus Heartbeat merupakan inovasi kami di tahun 2015 setelah skateboard melayang,”tutur Sean.

“Mobil dengan detak jantung ini menjadi bagian penting dari perkembangan merek Lexus, yakni sebagai kendaraan berperforma tinggi. Fitur ini sengaja kami tanam di Lexus RC F karena kami ingin merespon emosi seseorang saat merasakan performa mesinnya,” terangnya.

Advertisement

Sean menambahkan, inovasi otomotif pada mobil Lexus RC F itu ditampilkan kali pertama 24 Juli 2015. Akun Lexus Australia di situs berbagi video Youtube juga memamerkan fitur Lexus Heartbeat itu dalam video berdurasi 16 detik.

Link Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=Q3N7BOLDR5w

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif