Otomotif
Kamis, 23 Juli 2015 - 06:45 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Piaggio-KTM Bikin Skuter 4 Roda Tanpa Bensin

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Piaggio Quadro 4 (Gizmag.com)

Inovasi otomotif sepeda motor listrik empat roda digarap Piaggio dan KTM.

Solopos.com, BRUSSELS – Dua pabrikan sepeda motor di benua Eropa, Piaggio dan KTM, bekerja sama menciptakan inovasi otomotif berupa sepeda motor listrik. Bukan kendaraan listrik biasa, sepeda motor itu bakal memiliki empat roda namun lebih ringkas dari motor all-terrain vehicle (ATV).

Advertisement

Kendaraan bebas emisi menjadi perhatian serius di benua Eropa. Hal itu terbukti dengan ditunjuknya pabrikan otomotif Italia, Piaggio, dan pabrikan otomotif Austria, KTM, oleh Uni Eropa untuk menciptakan sepeda motor listrik yang terjangkau bagi masyarakat.

Seperti dilansir laman Gizmag, Senin (20/7/2015), proyek sepeda motor listrik empat roda itu dilaksanakan untuk melahirkan kendaraan yang efisien sesuai dengan peraturan baru yang bakal diberlakukan di sejumlah negara di benua Eropa 2020 mendatang.

Selain Piaggio dan KTM,  proyek inovasi otomotif itu juga didukung oleh sejumlah pabrikan komponen otomotif seperti produsen komponen kelistrikan, Bosch. Sedangkan riset teknologinya juga akan melibatkan beberapa perguruan tinggi, termasuk Universitas Warwick di Inggris.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Visordown, proyek yang dijadwalkan rampung 2018 itu dinamakan Range of Electric Solutions for L-Category Vehicle (RESOLVE). Dalam penciptaan sepeda motor listrik empat roda itu, seluruh warga benua Eropa akan dilibatkan dengan cara dimintai saran lewat laman survey khusus yang disiapkan pemerintah Uni Eropa.

Kendati bentuknya belum diputuskan, banyak yang memprediksi sepeda motor listrik itu akan mengadopsi desain Piaggio Quadro 4 yang sudah terlebih dahulu mengusung konsep empat roda. Akan tetapi jika melihat adanya campur tangan KTM, kemungkinan desain produk inovasi otomotif itu akan kental dengan aura sporty dan agresif.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif