News
Kamis, 23 Juli 2015 - 02:10 WIB

BBM TERBARU : 103 SPBU Bakal Jual Pertalite, Mana Saja?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU (Dok/JIBI/Solopos)

BBM terbaru RON 90 alias Pertalite akan meluncur satu pekan setelah Lebaran.

Solopos.com, JAKARTA – Bahan bakar minyak (BBM) jenis terbaru, Pertalite, siap meluncur Jumat (24/7/2015). Bensin dengan oktan 90 (RON 90) ini bakal diluncurkan di 103 SPBU.

Advertisement

PT. Pertamina (Persero) mengonfirmasi kabar ini. RON 90 atau pertalite kabarnya akan diluncurkan di 103 SPBU di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

“Awalnya di SPBU-SPBU di kota besar dulu, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Launching awalnya nanti di SPBU COCO Pertamina di Jalan Abdul Muis, Tanah Abang,” kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, ditemui di Ballroom Hotel Kempinksi, Jakarta, Jumat (10/7/2015), dikutip Solopos.com dari Detik.

Berdasarkan survei Pertamina, Pertalite akan dijual tidak dengan selisih harga lebih mahal Rp700-an. “Kisaran harga Pertalite sebesar Rp8.000 per liter mengingat harga Premium untuk Wilayah Jawa, Madura, dan Bali saat ini mencapai Rp7.400 per liter,” demikian diterangkan Pertamina.

Advertisement

Pertamina telah melakukan tes pasar Petralite pada 24 Juli dan dilanjutkan dengan perluasan penjualan yang akan dilakukan di sejumlah SPBU kota-kota besar Indonesia.

Pertalite memiliki oktan number atau RON 90, harga BBM baru akan lebih murah dari Pertamax tapi sedikit lebih mahal dari Premium. Pertalite walau memiliki oktan 90 namun bahan bakar ini berbeda jauh kualitasnya dengan Premix yang dulu pernah dijual dan harus ditarik karena masalah lingkungan.

Sedangkan menurut laporan Tempo, Pertalite akan dibanderol tak lebih dari Rp8.500. Pertamina mematok target penjualan 5 kiloliter Pertalite di setiap SPBU. Bambang menuturkan, jika respons pasar cukup baik, Pertalite bisa mengambil alih 30%  konsumsi Premium yang bisa mencapai 76.000 kiloliter per hari. “Ini alternatif untuk konsumen yang mau beralih ke bensin dengan kualitas lebih baik.”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif