Soloraya
Kamis, 23 Juli 2015 - 12:15 WIB

ASAL USUL : Desa Tohudan Bermula dari Kata "To Udan"

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Plakat Kantor Kepala Desa Tohudan di Kecamatan Colomadu, Karanganyar. (Ivan Andimuhtarom/JIBI/Solopos)

Asal usul kali ini terkait kisah penamaan Desa Tohudan di Colomadu Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR – Penamaan sebagian desa atau daerah di wilayah Soloraya tak terlepas dari keberadaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Hal itu berlaku pula untuk nama Desa Tohudan yang ada di Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

Advertisement

Salah satu tetua di desa tersebut, Sarmin, 75, menuturkan awal mula nama Tohudan. Saat itu sekitar tahun 1770-an, Keraton Kasunanan masih berada di Kartasura.

Salah seorang abdi dalem keraton, Ki Demang Kertayudha tinggal di wilayah yang saat ini bernama Tohudan. Saat itu sudah ada sekelompok masyarakat yang tinggal di sana. Namun, wilayah itu belum memiliki nama.

Pada suatu hari, Ki Demang Kertayuda berniat menghadap ke keraton di Kartasura. Mendung tiba-tiba datang dan menandakan akan segera turun hujan lebat.

Advertisement

Sang istri atau biasa dipanggil Nyi Demang, mengingatkan suaminya. Ia meminta Ki Demang Kertayuda berangkat ke Kartasura setelah hujan turun dan reda.

Udan dudu alangan nggo ngadep pangayome ratu [hujan bukan halangan untuk menghadap ratu],” ujar Sarmin menirukan jawaban Ki Demang Kertayuda kepada sang istri.

Belum lama setelah Ki Demang berangkat, hujan benar-benar turun dengan deras. Nyi Demang yang merasa nasihatnya sudah tepat mengatakan “To Udan?” atau “hujan kan?”

Advertisement

Kejadian itu berulang hingga berkali-kali. Setiap Ki Demang hendak menghadap Sultan, mendung selalu menggelayut di angkasa. Nasihat istrinya tak membuyarkan maksudnya menuju Kartasura. Dan hujan selalu turun setelah Ki Demang berangkat.

“Karena berkali-kali, maka daerah ini dinamakan Tohudan. Dari kata ‘to udan’ yang berkali-kali disampaikan Nyi Demang untuk menasehati suaminya,” terang lelaki itu saat ditemui

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif