News
Selasa, 21 Juli 2015 - 13:50 WIB

Polisi Kejar Pelaku Percobaan Pembakaran Gereja di Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (JIBI/Solopos/Dok)

Polisi saat ini terus mengejar pelaku percobaan pembakaran di Bantul.

Solopos.com, JAKARTA-Polda DIY terus menyelidiki kasus percobaan pembakaran Gereja Baptis Indonesia di Dusun Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta, Senin (20/7/2015) dinihari kemarin.

Advertisement

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Any Pudjiastuti menyatakan berdasarkan keterangan saksi mata bernama Ratno, aksi tersebut diperkirakan dilakukan empat orang, kini pelaku dalam upaya pengejaran.

“Dari saksi mata, dia melihat orang lalu lalang,” katanya saat dihubungi, Selasa (21/7/2015).

Pudjiastuti mengatakan saksi melihat pelaku menaruh ban di depan pintu gereja dan kemudian dibakar. Melihat kejadian itu, saksi mata segera memadamkan api tersebut.

Advertisement

Atas peristiwa demikian, Polda DIY akan meningkatkan keamanan melalui patroli-patroli yang ditingkatkan 24 jam penuh di seluruh wilayah.

Kronologi peristiwa pembakaran bermula sekitar pukul 02.45 WIB di Dusun Saman, saksi kejadian Yuhria, 42 tahun, melihat ada kebakaran di Bangunan Gereja, selanjutnya dia berteriak-teriak sambil mendobrak rumah di sekitar bangunan gereja guna memberitahukan bangunan gereja terbakar.

Warga pun berusaha memadamkan api yang membakar bangunan gereja tersebut dengan menyiram menggunakan air. Sekitar pukul 03.00 WIB kebakaran dapat dipadamkan warga masyarakat.

Advertisement

Sebelum terjadi kebakaran ada tiga orang dengan menggunakan dua unit sepeda motor yang mendatangi gereja. Di depan pintu Gereja Saman digantungi ban bekas dan tercium bau bensin.

Lalu pada pukul 03.00 WIB Tim olah TKP Polres Bantul mendatangi gereja GBI guna melakukan olah TKP dengan pimpinan Kasatreskrim AKP M Kasim Akbar Bantilan.

Hingga saat ini gereja dijaga oleh pihak Polsek dan koramil Sewon.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif