News
Selasa, 21 Juli 2015 - 16:10 WIB

PENEMUAN BARU : Mengantisipasi Bahaya Lalai, Mahasiswa UGM Kembangkan Kompor Gas Otomatis

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak menggunakan kompor gas (Antara)

Penemuan baru berupa kompor gas otomatis tengah dikembangkan mahasiswa UGM.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tengah mengembangkan penemuan gas otomatis untuk mengurangi risiko bahaya akibat kelalaian pengguna. Penemuan tersebut dinamai Automatic Gas Stove for Safety.

Advertisement

“Pengembangan Agos berawal dari kenyataan banyaknya kejadian kompor meledak karena kelalaian pengguna sehingga menimbulkan korban jiwa dan harta benda,” kata koordinator kelompok mahasiswa Hisyam di Yogyakarta, Senin (20/7/2015), seperti dilansir Antara.com.

Menurutnya, kompor Agos dapat dioperasikan dalam tiga pilihan mode yakni manual, otomatis, dan menggunakan timer.

Pada mode manual pengaturan kompor layaknya kompor gas pada umumnya. Sementara pada mode otomatis mekanisme pengoperasian berdasarkan ada tidaknya peralatan memasak di atas tungku.

Advertisement

Ketika menggunakan mode otomatis, kata dia, kompor akan menyala saat ada peralatan memasak di atas tungku dalam jangka waktu tertentu. Namun, jika tidak ada peralatan memasak di atas tungku atau peralatan sudah dipindahkan setelah selesai masak, kompor akan mati secara otomatis.

“Mode itu bisa dipilih untuk meminimalisasi risiko kecelakaan kompor meledak karena pengguna lupa mematikan kompor,” katanya.

Ia mengatakan Agos juga bisa dioperasikan dengan mode timer. Dengan mode itu pengguna bisa mengatur lama nyala kompor serta besar kecilnya api secara digital. Pengaturan waktu dan level nyala api dilakukan dengan menggunakan remote control nirkabel.

Advertisement

“Berbeda dengan kompor gas konvensional, pengaturan waktu pada kompor ini bisa lebih leluasa karena pengguna bisa langsung mengatur berapa lama waktu nyala api melalui remote control,” katanya.

Anggota kelompok mahasiswa UGM yang mengembangkan kompor gas otomatis Agos itu antara lain Muhammad Rifai, Budi Azhari, Kukuh Daud P, dan Aries Budi Z.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif