Soloraya
Selasa, 21 Juli 2015 - 03:40 WIB

LEBARAN 2015 : 3.500 Orang Lebaran di Rutan Solo

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Lebaran 2015 juga dinikmati oleh para narapidana di balik jeruji.

Solopos.com, SOLO – Sedikitnya 3.500 orang merayakan Hari Raya Idulfitri 1436 Hijriah di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Solo. Mereka bukan hanya warga binaan, tetapi juga para keluarga yang menjenguk narapidana.

Advertisement

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Klas I Solo, Triyadi, mengatakan pada lebaran hari pertama ada 1.600 orang, sedangkan Lebaran hari kedua sebanyak 1.400 orang.

“Ketika Lebaran jumlah pengunjung pasti meningkat tajam dibanding hari biasanya. Selain karena kunjungan tahanan narkoba dan pidana umum dibuka bersama-sama, para keluarga juga ingin merayakan Lebaran di rutan bersama anggota keluarga yang lain,” kata Triyadi saat ditemui solopos.com di Rutan Kelas I Solo, Senin (20/7/2015).

Di dalam rutan, pengunjung diberikan tempat khusus untuk bertemu anggota keluarganya. Selain itu, Rutan Kelas I Solo juga menggelar acara tambahan untuk memeriahkan Lebaran, seperti penampilan Grup musik hadrah dari rutan, band rutan, dan acara halalbihalal.

Advertisement

“Ya kami berusaha untuk memfasilitasi pengunjung. Ini kan momentum spesial, jadi harus digelar spesial juga,” katanya.

Menurut dia, kunjungan Lebaran pada tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu seiring dengan meningkatnya jumlah warga binaan yang ada di Rutan Kelas I Solo.

“Katau tahun lalu [2014] tahanannya ada 400 orang, sekarang sudah 500 lebih. Jadi itu berpengaruh terhadap jumlah kunjungan,” jelas dia.

Advertisement

Salah satu pengunjung, Yuni, 45, mengaku baru sempat menemui keluarganya di rutan pada Senin. Saat hari H Lebaran, dia dan keluarga lainnya tidak bisa berkunjung karena masih ada kesibukan lain.

“Ya baru sempat datang, kemarin sibuk,” kata dia kepada solopos.com.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif