News
Senin, 20 Juli 2015 - 11:50 WIB

MASJID DI PAPUA DIBAKAR : Kemenag akan Intensifkan Pertemuan Dialogis Tokoh Agama di Karubaga

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (mpr.go.id)

Masjid di Papua dibakar belum lama ini. Kejadian ini menimbulkan keprihatinan semua pihak.

Solopos.com, JAKARTA-Setelah meletusnya insiden kekerasan yang terjadi pada saat pelaksanaan Salat Id di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Jumat (17/7/2015), Kementerian Agama bakal meningkatkan pertemuan-pertemuan dialog antar tokoh lintas agama di wilayah tersebut.

Advertisement

“Kita akan mengintensifkan pertemuan-pertemuan dialogis tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah setempat,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Minggu (19/7/2015) malam.

Menurut Lukman pertemuan dialogis sangat diperlukan untuk mengembalikan kehidupan kerukunan antar umat beragama di wilayah tersebut. Sehingga kedepannya, tidak terulang kejadian serupa.

Kemenag, lanjut Lukman, telah mengirim tim kesana untuk mendalami soal kemungkinan kericuhan tersebut murni karena agama atau bukan. “Sedang didalami,” katanya.

Advertisement

Di saat bersamaan, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi terbatas tingkat nasional membahas masalah itu.

“Dengan Menkopolhukam, Kapolri, Kepala BIN, Panglima TNI, dan Kemendagri,” katanya.

Dalam kasus ini, pemerintah akan melakukan penegakan hukum dengan menindak siapapun yang terbukti menjadi aktor di balik insiden kekerasan tersebut. “Pelaku tindak kekerasan dan perusakan akan diselediki dan diproses hukum,” katanya.

Advertisement

Selain itu, pemerintah juga akan merehabilitasi bangunan fisik yang terbakar dan memberikan bantuan kepada korban yang mengalami luka.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif