Jogja
Senin, 20 Juli 2015 - 18:58 WIB

Gereja Baptis Saman di Bantul Dibakar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Gereja Baptis Saman dibakar orang tak dikenal

Harianjogja.com, BANTUL– Gereja Baptis Indonesia Saman di Dusun Saman, Desa Bangungharjo, Sewon, Bantul dibakar oleh orang tak dikenal, Senin (20/7/2015) dini hari. Beruntung api tidak melahap seluruh bangunan. Masyarakat diminta tidak mudah tersulut provokasi.

Advertisement

Aksi kriminal berupa percobaan pembakaran itu diduga terjadi antara pukul 02.30 WIB hingga pukul 03.00 WIB. Pelaku yang belum diketahui identitasnya meletakan ban yang telah tersulut api di dekat pintu masuk Gereja Baptis Indonesia Saman. “Jadi membakarnya pakai ban,” terang Kepala Polres Bantul AKBP Dadiyo, Senin (20/7/2015).

Beruntung, api tidak melahap seluruh bangunan, hanya membakar sebagian bangunan seperti pintu utama, namun tidak sampai bolong hanya terlihat hangus. Sisa-sisa pembakaran lainnya yang terlihat di lokasi kejadian antara lain pot bunga yang sebagian telah rusak, dedaunan di pot bunga yang telah hangus serta pipa paralon saluran air yang juga hangus.

Polisi, kata Dadiyo, masih menyelidiki kejadian teror tersebut. Otoritas pemilik gereja tengah diperiksa oleh petugas kepolisian. Dadiyo juga belum dapat memastikan apakah kejadian ini terkait dengan penyerangan puluhan massa ormas Front Jihad Islam (FJI) ke gereja Baptis Indonesia Saman pekan lalu yang berhasil digagalkan aparat kepolisian.

Advertisement

“Kami belum mengetahui siapa pelaku penyerangan ini, karena masih diselidiki,” paparnya.

Ia meminta semua pihak tidak mudah tersulut provokasi atas hal-hal berbau konflik keagamaan. Masyarakat maupun pihak-pihak yang bertikai diminta menahan diri agar kerukunan dan ketertiban antar umat dapat terjaga. Kejadian tersebut menurutnya biar ditangani aparat hukum.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif