Teknologi
Sabtu, 18 Juli 2015 - 20:45 WIB

LEBARAN 2015 : Pemakaian Data Seluler Melonjak, SMS Tak Lagi Populer

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Lebaran 2015 ini mengalami tren baru di dunia komunikasi.

Solopos.com, JAKARTA – Operator seluler, Telkomsel, mengungkap pemakaian layanan data melonjak signifikan jelang hari raya Lebaran. Hal ini berbeda jauh dibanding layanan sort message service (SMS) yang tak lagi naik drastis.

Advertisement

Pemantauan trafik komunikasi pada jaringan Telkomsel di hari Kamis (16/7/2015) hingga malam takbiran mencatat kenaikan drastis penggunaan layanan data. Dibandingkan tahun 2014, penggunaan layanan data di malam takbiran 2015 melonjak hingga lebih dari 130%.

Kenaikan data yang sangat signifikan terjadi di area Jawa Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara), di mana terjadi peningkatan penggunaan data hingga lebih dari 156% jadi sekitar 452.000 Giga Byte.

Kemudian disusul dengan Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) dengan kenaikan hingga 138% menjadi sekitar 312.000 Giga Byte dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014.

Advertisement

Dengan demikian, trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 130% menjadi sekitar 1,55 juta Giga Byte dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2015, terdapat kenaikan sebesar 17%.

Sedangkan layanan SMS cenderung stagnan dengan sedikit penurunan sekitar 6% menjadi 952 juta SMS. Jumlah itu menurun jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun 2014. Jika dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik SMS turun sebesar 3%.

Kemudian layanan suara di malam takbiran naik sebesar 18% menjadi sekitar 1,3 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2014. Sementara jika dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik voice turun sebesar 9%.

Advertisement

“Hasil pemantauan kami di tahun ini terhadap trafik di malam takbiran menunjukkan bahwa pelanggan semakin mengadopsi layanan data sebagai salah satu pilihan utama untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di momen lebaran. Kami pun bersyukur, berkat persiapan dan pemantauan yang ketat terhadap jaringan Telkomsel di seluruh Indonesia, pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman menggunakan layanan kami, dan tanpa kendala yang berarti dalam menyambut hari yang suci ini,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati dalam keterangannya.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS diklaim mencapai lebih dari 99%. Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98% yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif