News
Sabtu, 18 Juli 2015 - 02:45 WIB

KRISIS YUNANI : Dapat Utang Rp110,5 Triliun, Bank-Bank Yunani Tak Lantas Buka

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Demonstran anti pengetatan keuangan Yunani membakar selembar uang euro di luar Kantor Perwakilan Uni Eropa, Athena, Yunani, Minggu (18/6/2015). (JIBI/Solopos/Reuters/Alkis Konstantinidis)

Krisi Yunani membuat negara tersebut terpaksa berhutang hingga 7 miliar euro atau sekitar Rp110,5 triliun.

Solopos.com, ATHENA – Yunani akhirnya menyetujui digelontori dana segara sebesar 7 miliar euro atau sekitar Rp110,5 triliun. Namun, bantuan tunai tidak lantas membuat bank-bank di Yunani dibuka.

Advertisement

Pemerintah Yunani mengatakan, perbankan akan tetap ditutup hingga hari Minggu. Perbankan di Yunani siap beroperasi Senin depan, namun pemerintah belum membuat keputusan.

Dilansir dari CNN, Jumat (17/6/2015), detil dari pinjaman yang akan diberikan Eropa membutuhkan waktu, namun Yunani butuh uang sekarang. Terutama untuk menyelesaikan utangnya yang telah jatuh tempo ke International Monetary Fund (IMF) sekitar 2 miliar euro, dan membayar utang ke bank sentral Eropa senilai 3,5 miliar pada hari Senin depan.

Bank di Yunani juga butuh bantuan uang segar. Saat ini pengambilan dana dari ATM dibatasi 60 euro atau sekitar Rp800.000 per hari.

Advertisement

Pelaku pasar keuangan dunia khawatir, bila Yunani tidak bisa membayar utangnya ke bank sentral Eropa, maka negara ini bisa ditendang dari eurozone, dan kembali menggunakan mata uang lamanya, yaitu drachma.

Yunani memang telah tenggelam dalam lilitan utang. Sejak 2010, Uni Eropa, bank sentral Eropa, dan IMF telah mengutangi negara tersebut senilai 233 miliar euro (US$255 miliar) atau sekitar Rp3.315 triliun.

Tapi ternyata utang sebesar itu belum cukup buat Yunani. Negara ini butuh lagi dan lagi. Komitmen Yunani untuk menghemat anggaran, menaikkan pajak, hingga mereformasi sistem pensiun belum juga dilakukan.

Advertisement

Terakhir, Yunani berjanji untuk melakukan reformasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif