Jateng
Sabtu, 18 Juli 2015 - 02:50 WIB

HUKUMAN MATI : Nusakambangan Siap Laksanakan Eksekusi Mati Tahap III

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Situasi LP Nusakambangan. (JIBI/Solopos/Antara/dok)

Hukuman mati bagi para terpidana mati bakal berlanjut ke tahap III.

Kanalsemarang.com, CILACAP — Pulau Nusakambangan siap menjadi lokasi pelaksanaan eksekusi terpidana mati tahap III. Kesiapan Nusakambangan kembali menjadi lokasi hukuman mati itu dikatakan Koordinator Lembaga Pemasyarakatan Se-Nusakambangan dan Cilacap, Jawa Tengah, Marasidin Siregar.

Advertisement

“Pada prinsipnya, kami siap jika Nusakambangan kembali dijadikan sebagai lokasi eksekusi,” kata Marasidin di sela-sela open house Idulfitri 1 Syawal 1436 H di Rumah Dinas Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jumat (17/7/2015).

Personel Siap
Untuk pelaksanaan hukuman mati itu, kata dia, ia mengaku telah menyiapkan personel Pemasyarakatan dari seluruh lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan dan Cilacap untuk mendukung pelaksanaan eksekusi mati tahap III tersebut. Bahkan, lanjut dia, sarana dan prasana pendukung pelaksanaan eksekusi mati di Pulau Nusakambangan sudah lengkap.

“Untuk ruang isolasi bagi terpidana mati yang akan dieksekusi tetap berada di Lapas Besi. Tidak ada kendala krusial yang kami hadapi saat eksekusi tahap I dan II,” kata Marasidin yang juga Kepala LP Kelas I Batu, Nusakambangan.

Advertisement

Akan tetapi, imbuh dia, hingga kini pihaknya belum menerima informasi dari Kejaksaan Agung mengenai waktu pelaksanaan eksekusi hukuman mati tahap III termasuk nama-nama terpidana mati yang bakal dieksekusi. Menurut dia, di Nusakambangan saat ini masih terdapat sekitar 50 terpidana mati yang menunggu eksekusi.

“Berdasarkan evaluasi dari eksekusi tahap I dan II, untuk tahap III harus bisa lebih baik lagi. Kapan pun dilaksanakan, kami siap,” katanya.

Kelonggaran Besuk
Disinggung mengenai kunjungan keluarga narapidana, Marasidin mengatakan bahwa khusus untuk Hari Idulfitri 1436 H, pihaknya memberikan kelonggaran bagi pembesuk yang ingin mengunjungi keluarga mereka di sejumlah lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan. Dalam hal ini, kata dia, kunjungan pembesuk dibuka untuk seluruh LP di Pulau Nusakambangan, Senin (20/7/2015) hingga Kamis (23/7/2015).

Advertisement

Biasanya, kunjungan ke LP Terbuka, LP Batu, LP Besi, serta LP Narkotika dibuka pada hari Senin dan Rabu, sedangkan LP Kembangkuning, LP Permisan, dan LO Pasir Putih pada hari Selasa dan Kamis. “Khusus untuk Idulfitri, kunjungan diberi kelonggaran sehingga tidak sesuai jadwal yang ditetapkan. Ini karena keluarga sebagian besar warga binaan pemasyarakatan se-Nusakambangan berasal dari luar Cilacap,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif