Soloraya
Jumat, 17 Juli 2015 - 14:15 WIB

LEBARAN 2015 : Jauh-Jauh dari Jakarta, Pemudik di Wonogiri Serbu Makam

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lebaran 2015 masih diwarnai tradisi ziarah ke makam keluarga atau leluhur di kampung halaman.

Solopos.com, WONOGIRI — Puluhan warga Wonogiri memadati tempat permakaman umum (TPU) usai salat Idulfitri, Jumat (17/7/2015) pagi. Warga ramai-ramai ke TPU untuk nyekar.

Advertisement

Salah seorang warga, Darmi, mengaku datang ke TPU Jurang Gempal, di Lingkungan Sangrahan, Kelurahan Giripurwo, Wonogiri, bersama keluarga yang berjumlah Sepuluh orang sejak pukul 07.00 WIB. Menurut dia, nyekar ke makam keluarga yang telah meninggal dunia selama Lebaran adalah tradisi sejak lama.

“Momen Lebaran, semua keluarga yang bekerja di Jakarta mudik ke kampung halaman. Setelah semua berkumpul pergi ke TPU untuk nyekar,” ujar Darmi warga Desa Ngadirojo, Ngadirojo saat ditemui Solopos.com di TPU, Jumat.

Sementara itu, penjaga TPU Jurang Gempal, Jatimah, mengatakan sejak pukul 06.30 WIB sampai 08.00 WIB pakam dipadati warga dari berbagai daerah sekitar Wonogiri untuk tujuan nyekar ke makam. “TPU akan terus dipadati warga untuk tujuan nyekar mulai H+1 Lebaran sampai H+3,” kata dia.

Advertisement

Banyaknya pengunjung, lanjut dia, parkir TPU tidak mampu menampung semua kendraan milik warga yang datang ke TPU. Akibatnya sempat terjadi kemacetan di jalan-jalan sekitar TPU.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif