News
Kamis, 16 Juli 2015 - 22:30 WIB

LEBARAN 2015 : Warga Basis NU Gresik Sudah Takbiran Sebelum Hasil Sidang Isbat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lebaran 2015 dirayakan serentak oleh mayoritas umat Islam di Indonesia.

Solopos.com, GRESIK — Sebagian warga Sidayu, Kabupaten Gresik, sudah lebih dahulu mengumandangkan takbir sebelum pemerintah melalui sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1436 alias Idul Fitri 2015 jatuh Jumat (17/7/2015).

Advertisement

Sejak habis magrib, mereka sudah bertakbir di beberapa masjid. Sebagian lainnya merayakan dengan menyulut kembang api.

Namun, sejauh ini belum terlihat rombongan takbir keliling di sepanjang jalur Lamongan-Gresik. Sebelum pengumuman hasil sidang isbat, sebagian besar masjid di salah satu basis Nahdlatul Ulama di Jawa Timur itu sepi takbir.

Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal jatuh pada hari yang sama berdasarkan sidang isbat. Keputusan tersebut dinyatakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Kamis (16/7/2015) malam, seusai sidang isbat di Jakarta. Meskipun tidak semua titik pemantauan melihat hilal sore ini, namun setidaknya hilal terlihat di empat titik.

Advertisement

“Empat tempat yang berjhasil meluhat hilal, yang pertama Bukit Condrodipo Gresik, ada 5 saksi di sana dan telah disumpah. Yang kedua yaitu Tanjung Kodok Lamongan, saksinya juga sudah disumpah pengadilan agama setempat. Kemudian di Bojonegoro yang disaksikan oleh Bupati Bojonegoro, dan yang keempat adalah Kepulauan Seribu,” terang Lukman Hakim Syaifuddin.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif