Jatim
Kamis, 16 Juli 2015 - 01:05 WIB

LEBARAN 2015 : Gudang Garam Bagi Sedekah, Ribuan Warga Kediri Antre Sejak Subuh

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota TNI mengamankan pembagian sedekah jelang Hari Raya Idulfitri PT Gudang Garam di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (15/7). Sedikitnya 13.000 warga mendapatkan uang sedekah tahunan senilai Rp20.000 per orang. (JIBI/ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Lebaran 2015 di Kediri Jatim disambut PT Gudang Garam dengan bagi-bagi uang sedekah. Ribuan warga rela mengantre sejak waktu Subuh.

Madiunpos.com, KEDIRI – Ribuan warga Kediri, Jawa Timur, dan sekitarnya rela mengantre sejak waktu Subuh demi mendapatkan uang sedekah yang dibagikan pabrik rokok PT Gudang Garam menjelang Lebaran 2015. Pembagian uang sedekah tersebut merupakan agenda rutin yang diberikan PT Gudang Garam Kediri setiap tahun untuk menyambut Hari Idulfitri 1436 H.

Advertisement

“Ini tradisi yang sudah berjalan setiap tahun. Kami berikan untuk warga Kediri,” katanya kepada wartawan, Rabu (15/7/2015) seperti diberitakan Kantor Berita Antara.

Kegiatan pembagian uang sedekah Lebaran 2015 berlangsung tertib. Warga berdatangan sejak Subuh dan memadati kantor pabrik rokok tersebut. Mereka datang bersama tetangga dan anggota keluarga mereka.

Penjagaan di lokasi pembangian bingkisan Lebaran 2015 juga cukup ketat. Ada ratusan personel pengamanan, baik dari polisi, TNI, serta satuan pengamanan dari internal pabrik. Mereka diperbantukan untuk membantu kelancaran pemberian uang sedekah itu.

Advertisement

Warga yang datang juga langsung dipisahkan antara laki-laki dan perempuan. Agar pembagian uang sedekah Lebaran 2015 berjalan tertib, penerima sedekah dari kalangan orang tua dan anak-anak didahulukan. Mereka lantas diminta memasuki ruangan yang sudah disiapkan oleh petugas.

Pembagian sedekah berlangsung singkat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang memakan waktu sekitar dua jam. Mereka semua mendapatkan uang sedekah senilai Rp20.000 yang merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan rokok terbesar di Kediri Jawa Timur itu.

Menurut Iwhan, pada Lebaran 2015 ini warga yang antre jumlahnya tidak sebesar sebelumnya. Tahun-tahun sebelumnya, dari hasil penghitungan warga yang ikut mengantre bisa mencapai 13.000 orang. Namun, pembagian uang sedekah Lebaran 2015 ini diprediksi tidak sampai sejumlah itu sehingga pembagian juga lebih cepat.

Advertisement

Salah seorang warga Kediri, Imah, mengatakan ia sengaja ikut mengantre dengan keluarga dan sejumlah tetangganya. Rencananya, uang sedekah Lebaran 2015 itu akan dibelikan nasi dan lauk untuk buka puasa bersama keluarganya. “Sengaja [saya] datang ke sini [pabrik PT Gudang garam], dan nantinya mau saya belikan beras dan lauk untuk buka puasa,” kata Imah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif