News
Kamis, 16 Juli 2015 - 19:35 WIB

LEBARAN 2015 : 1 Syawal 2015: Akhirnya, Salat Id Serentak 17 Juli 2015!

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) (Rachman/JIBI/Bisnis)

Lebaran 2015 atau 1 Syawal 1436 dirayakan serentak seluruh umat Islam Indonesia.

Umat Islam Indonesia akhirnya kembali bisa merayakan Lebaran 2015 atau 1 Syawal 1436 H secara bersamaan. Jika Muhammadiyah berdasarkan hisab telah memutuskan 1 Syawal jatuh pada 17 Juli 2015 (dimulai malam ini), Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal jatuh pada hari yang sama berdasarkan sidang isbat.

Advertisement

Keputusan tersebut dinyatakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin Kamis (16/7/2015) malam seusai sidang isbat di Jakarta. Meskipun tidak semua titik pemantauan melihat hilal sore ini, namun setidaknya hilal terlihat di empat titik.

“Empat tempat yang berjhasil meluhat hilal, yang pertama Bukit Condrodipo Gresik, ada 5 saksi di sana dan telah disumpah. Yang kedua yaitu Tanjung Kodok Lamongan, saksinya juga sudah disumpah pengadilan agama setempat. Kemudian di Bojonegoro yang disaksikan oleh Bupati Bojonegoro, dan yang keempat adalah Kepulauan Seribu,” terang Lukman Hakim Syaifuddin.

Hasil pemantauan ini juga hampir sama dengan hasil hisab yang sebelumnya telah dipublikasikan, salah satunya oleh Muhammadiyah beberapa waktu lalu. Menteri Agama memberikan hasil pemantauan hilal di Pelabuhan Ratu sebagai pembuktiannya.

Advertisement

“Pada waktu mutaakhir, kita mendengar, meskipunbervariasi, tapi setidaknya di Pelabuhan Ratu, posisi hilal 3,11 derajat, dengan elongasi 73 derajat, dan umur hilal 9 jam 10 menit 43 detik,” tambah Lukman.

Dengan demikian, hilal tersebut sudah memenuhi kriteria imkanurrukyat yaitu posisi hilal di atas 2 derajat, elongasi 3 derajat, dan umur bulan 8 jam. Melihat fakta ini, seluruh peserta sidang isbat sepakat saat ini Indonesia sudah masuk 1 Syawal.

“Seluruh peserta sidang isbat menyepakati malam ini sudah memasuki 1 Syawal. Alhamdulillah tahun ini seluruh umat islam memasuki 1 Syawal bersama dan salat Id bersama.”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif