News
Rabu, 15 Juli 2015 - 22:30 WIB

MUDIK LEBARAN 2015 : Ini Statistik Penyebab Kecelakaan Maut Tol Cipali

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi macet di gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. (JIBI/Solopos/Antara/Dedhez Anggara)

Mudik Lebaran 2015 di jalur Pantura kini beralih ke Tol Cipali. Namun rentetan kecelakaan maut mewarnai tol ini.

Solopos.com, SEMARANG — Direktur Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan Gede Suardika mengklaim kecelakaan di Tol Cipali sepanjang 116 km di jalur pantai utara Pulau Jawa (Pantura) itu lebih dikarenakan human error.

Advertisement

Menurutnya, kecelakaan tersebut lebih disebabkan oleh faktor manusia. Secara statistik, 74% disebabkan karena pengemudi ngantuk dan 14% pengemudi lelah. “Jadi 88% kecelakaan di tol Cipali disebabkan faktor manusia,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (17/7/2015).

Untuk itu, papar Gede Suardika, tol yang menghubungkan Cikampek (Kabupaten Karawang) dengan Palimanan (Kabupaten Cirebon) masih dalam pembenahan penyempurnaan fasilitas. “Kemenhub merekomendasikan agar dilengkapi fasilitas jalan yang diperlukan seperti rambu, gudril maupun penerangan,” ungkapnya dalam keterangan resminya, Rabu (17/7/2015).

Gede menambahkan dari hasil analisis terhadap kecelakaan yang terjadi di jalan tol tersebut merupakan kecelakaan tunggal dan bukan disebabkan oleh infrastrukturnya.

Advertisement

Sesuai dengan pantauan Tim Mudik Susur Jawa Sumatra Bisnis pada yang sudah sampai kota Semarang pada H-2 , pemudik mulai memadati jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa dengan menggunakan kendaraan pribadi—roda empat dan roda dua.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif