Soloraya
Rabu, 15 Juli 2015 - 11:50 WIB

IDUL FITRI : Muhammadiyah Boyolali Siapkan 105 Lokasi Salat Id pada Jumat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat Id (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Idul Fitri di Boyolali Muhammadiyah akan menggelar Salat Id pada Jumat (17/7/2015). 

Solopos.com, BOYOLALI—Pengurus Daerah Muhammadiyah Boyolali memastikan Idul Fitri 1436 Hijriyah pada Jumat (17/7/2015). 105 lokasi salat ied pun disiapkan di seluruh Kabupaten Boyolali.

Advertisement

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Boyolali, Ali Muchson melalui pengurus Cabang Muhammadiyah Boyolali Dwi Astanto, mengatakan melalui perhitungan hisab, ditentukan hari raya Idul Fitri 1436 H jatuh pada Jumat.

Dia menambahkan jika setelah sidang isbat pemerintah menentukan Idul Fitri jatuh di hari yang berbeda, dia mengatakan tetap berusaha menjaga keharmonisan dan ukhuwah Islamiyah.

“Harapannya bisa di hari yang sama, tapi jika ternyata berbeda hari, kami tetap saling menghargai, menjaga ukhuwah islamiyah”, kata dia saat dijumpai dalam acara buka bersama Muhammadiyah di rumah makan Elang, Boyolali, Selasa (14/7/2015).

Advertisement

Dia menambahkan 105 lokasi salat ied tersebar di seluruh Kabupaten Boyolali telah disiapkan. Di Kecamatan Boyolali sendiri, pelaksanaan salat ied diselenggarakan di dua lokasi, yakni di lapangan Sunggingan dengan imam dan khotib H. Mujahir, dan di lapangan Stadion Pandanaran dengan imam dan khotib H. Muhbari.

Menurutnya untuk meminimalisir kemacetan lalu lintas Muhammadiyah Boyolali tidak mengadakan pawai takbiran pada Kamis (16/7/2015) malam. Acara malam takbiran dipusatkan di masjid dan mushola masing-masing ranting Muhammadiyah Boyolali. Acara inti di masjid dan mushola masing-masing ranting pada Kamis malam tersebut adalah pembagian zakat fitrah kepada fakir miskin.

“Biasanya jamaah membludak pada saat hari H. Jadi memang harus dikoordinasikan dengan matang, ungkap Ketua PCM Boyolali H. Ahmad Paulus Murtriantana, Selasa.

Advertisement

Menurutnya persiapan salat ied sendiri telah disiapkan. Untuk pengamanan arus lalu lintas dan pengaturan parkir kendaraan jemaah, pemberitahuan resmi telah dilayangkan ke masing-masing polsek di Kabupaten Boyolali. Aparat polsek setempat dengan dibantu komando kesiapsiagaan angkatan muda Boyolali, hansip, dan segenap panitia siap dikoordinasikan untuk kelancaran pelaksaanan Salat Id Jumat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif