Jogja
Selasa, 14 Juli 2015 - 04:20 WIB

LEBARAN 2015 : Kemenag Gunungkidul Rukyatulhilal di Mbrambang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rukyatulhilal (JIBI/Solopos/Antara/Sahrul Manda Tikupadang)

Lebaran 2015, Kemenag Gunungkidul akan melakukan pemantauan di Bukit Mbrambang.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul akan melakukan rukyatulhilal di Bukit Mbrambang, Desa Mbrambang, Kamis (16/7/2015).

Advertisement

Kepala Kemenag Gunungkidul Nur Abadi di Gunungkidul, Senin, mengatakan bahwa kemungkinan ada perbedaan dalam Lebaran 2015 meski awal puasanya sama.

“Untuk memastikan 1 Syawal, kami perlu melakukan pemantauan hilal. Perbedaan itu baru prediksi, bisa saja salah. Semoga besok saat pemantauan cuaca cerah bisa terlihat,” kata Nur Abadi.

Ia mengatakan bahwa tempat pemantauan di Bukit Mbrambang, Kecamatan Patuk, yang merupakan satu dari tiga lokasi di DIY untuk pemantauan. Dua lainnya, di Makam Syeh Belabelu (Bantul) dan Pantai Trisik (Kulonprogo).

Advertisement

“Untuk daerah lain, misalnya kota ikut memantau Bantul atau Gunungkidul, dan Sleman ikut Gunungkidul di Bukit Mbrambang,” katanya.

Sementara itu, Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Gunungkidul Isti Rohani mengatakan bahwa hasil pemantaaun hilal akan dilaporkan ke Kemenag untuk digunakan dalam rapat hilal di Jakarta.

“Bukit Mbrambang itu rutin setahun sekali baik sebelum puasa atau menentukan Idulfitri 1436 Hijriah,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, berdasarkan kajian ilmiah pada hari Kamis, 16 Juli 2015, bulan telah terlihat sekitar tiga derajat. Akan tetapi, tetap perlu pemantauan, salah satunya untuk memberikan kepastian kapan 1 Syawal.

“Rencananya, rukyatulhilal akan dilakukan sekitar 16.30 WIB,” katanya.

Advertisement
Kata Kunci : Lebaran 2015
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif