Jogja
Selasa, 14 Juli 2015 - 16:20 WIB

LALU LINTAS KULONPROGO : Simpang Tiga Ngeseng Dikondisikan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas di simpang tiga Ngeseng, Sentolo mulai tampak dan petugas mulai melakukan pengamanan di depan pintu perlintasan kereta api, Senin (13/7/2015). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Lalu lintas Kulonprogo mengalami puncak arus mudik pada H-3 hingga H-2

Harianjogja.com, KULONPROGO– Puncak arus mudik yang memasuki wilayah Kulonprogo diprediksi akan terjadi pada H-3 hingga H-2 Lebaran. Sejumlah water barrier dipasang di ruas jalan nasional di pertigaan Ngeseng, Sentolo untuk mengantisipasi kemacetan di depan pintu perlintasan kereta api.

Advertisement

Kanit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas (Dikyasalantas) Polres Kulonprogo Iptu Didik Purwanto mengatakan, simpang tiga Ngeseng berada tepat di kawasan perlintasan sebidang. Wilayah tersebut cukup padat karena merupakan salah satu jalur alternatif menuju Kota Wates dan sekitarnya.

“Saat ini, kondisi arus lalu lintas di simpang tiga Ngeseng masih cukup kondusif. Kendaraan dari arah Jogja masih memungkinkan untuk melewati jalan ini,” ujar Didik saat ditemui di lokasi, Senin (13/7/2015).

Didik mengatakan, pengendalian lalu lintas di wilayah tersebut sifatnya situasional. Pasalnya, selama jalur utama masih memungkinkan untuk dilalui kendaraan pemudik, rekayasa pengalihan arus ke jalur alternatif belum terlalu diperlukan.

Advertisement

“Namun, jika terjadi crowded, maka akan dialihkan ke alternatif. Dari Toyan diarahkan ke Brosot, begitupun dari jalur Daendels di Sindutan juga dapat dialihkan ke Brosot. Demikian juga dari Jogja, jika terjadi kepadatan bisa diarahkan dari Demen ke Pengasih,” jelas Didik.

Sementara itu, kondisi kepadatan di simpang tiga Ngeseng juga dinilai cukup mengkhawatirkan, karena berada di depan pintu perlintasan kereta api. Antrean panjang di depan perlintasan sebidang itu diprediksi dapat masuk ke badan jalan dan dapat mengganggu arus lalu lintas di jalan nasional.

Didik menambahkan, jika hal itu terjadi, pihaknya telah memberikan solusi bagi pengendara atau pemudik dari arah Jogja. Pemudik yang ingin ke wilayah Kaliagung, Sentolo dapat memutar di pertigaan Ngelo.

Advertisement

“Sedangkan untuk yang mau ke Wates, bisa melewati milir,” imbuh Didik.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Operasional Dishubkominfo Kulonprogo Sigit Purnomo menambahkan, saat ini kepadatan lalu lintas masih relatif kondusif. Kendaraan pribadi yang melintas, terutama sepeda motor masih mendominasi.

“Peningkatan kendaraan sudah terjadi, namun masih belum terlalu mencolok,” jelas Sigit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif