News
Senin, 13 Juli 2015 - 16:55 WIB

LEBARAN 2015 : Pertamina Siapkan Cadangan BBM hingga 15 Hari

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bahan bakar minyak (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Lebaran 2015 akan dirayakan oleh umat Islam. Pertamina memastikan stok BBM mencukupi.

Solopos.com, JAKARTA – PT Pertamina memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada Lebaran tahun ini tidak terlalu meningkat signifikan.

Advertisement

“Tapi kira-kira cadangannya aman sampai 15 hari sesudah Lebaran, saya kira aman,” ucap Direktur Utama PT Pertamina Dwi Sutjipto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/7/2015).

Ia memastikan stok BBM untuk keperluan Lebaran aman sampai dengan dua pekan setelahnya.

“Stok aman, jadi untuk premium 20 hari, elpiji 18 hari, sementara yang lain cukup banyak sekitar 30 harian,” tutur Dwi.

Advertisement

Pihaknya telah menyiapkan dan mengantisipasi kenaikan permintaan yang diperkirakan cukup besar menjelang dan setelah Lebaran.

Pertamina telah meningkatkan pasokan hingga kira-kira 10-11 persen dari hari biasa, namun khusus solar tidak ada kenaikan stok karena truk-truk tidak diperbolehkan beroperasi saat Lebaran.

Sebelumnya, perusahaan pelat merah itu memperkirakan kebutuhan bensin di momentum Ramadan dan Idulfitri 1436 Hijriah, angka pemanfaatan BBM diprediksi bakal naik 18 persen.

Advertisement

Hal ini berangkat dari produksi rata-rata harian normal 76.258 KL (kiloliter) menjadi 89.817 KL. Sementara solar bersubsidi diperkirakan turun 11 persen dari rata-rata harian normal 37.228 KL menjadi 33.250 KL.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif