Teknologi
Minggu, 12 Juli 2015 - 06:00 WIB

HASIL PENELITIAN : Permukaan Bumi Terus Menipis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lapisan Bumi (Toptenz.net)

Hasil penelitian terbaru mengungkapkan permukaan Bumi terancam tenggelam

Solopos.com, SOLO – Teori-teori yang mengungkapkan Bumi dalam bahaya kerap muncul akhir-akhir ini. Sebuah studi terbaru dari University of Bristol mengungkap fakta permukaan Bumi akan tenggelam.

Advertisement

Namun, manusia belum perlu mengkhawatirkan hal itu dalam waktu dekat. Tenggelamnya permukaan Bumi diprediksi baru akan terjadi 2 miliar tahun lagi. Hal tersebut juga bergantung seberapa cepat perubahan lapisan bebatuan di dalam perut Bumi terjadi.

Dikutip dari Dailymail.co.uk, Sabtu, (11/7/2015),  Ketua Tim Peneliti Geologi University of Bristol, Dr. Bruno Dhuime, mengutarakan timnya mengambil 13.000 jenis bebatuan dari seluruh dunia untuk riset ini. Bebatuan tersebut diambil sebagai sampel untuk meneliti perubahan ketebalan lapisan permukaan Bumi.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan lapisan permukaan Bumi saat ini menjadi yang paling tipis dalam sejarah. Penelitian tersebut juga membeberkan permukaan Bumi paling tebal terjadi tiga miliar tahun lalu. Pada masa itu, ketebalan lapisan berada dalam kisaran 25 mil atau setara 40 km.

Advertisement

Dr Dhuime menambahkan ketebalan lapisan tersebut perlahan menyusut menjadi sekitar 22 mil atau setara 35 km. “Jika hal tersebut berlanjut, permukaan Bumi akan setara dengan permukaan laut pada dua ribu tahun lagi. Dan pada saat itu, Bumi akan terlihat seperti dalam film Waterworld,” terang Dr. Dhuime. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hasil Penelitian
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif