Jatim
Minggu, 12 Juli 2015 - 22:05 WIB

GUNUNG RAUNG MELETUS : Aktivitas Warga Sekitar Gunung Raung Masih Normal

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah buruh perkebunan tebu beraktivitas dengan latar belakang Gunung Raung di Desa Sumber Arum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (11/7/2015). Meskipun Gunung Raung berstatus Siaga, petani tebu di daerah tersebut masih melakukan aktivitas seperti biasa karena masih berada di jarak aman yang ditetapkan, yaitu 3 kilometer dari puncak gunung. (JIBI/Solopos/Antara/Budi Candra Setya)

Gunung Raung meletus, namun warga yang tinggal di sekitar gunung tersebut masih menjalankan aktivitasnya dengan normal.

Madiunpos.com, BANYUWANGI – Aktivitas warga yang tinggal di sekitar Gunung Raung, Jawa Timur hingga kini masih berjalan normal. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan sejumlah warga yang tinggal di kaki Gunung Raung beraktivitas seperti biasanya. Hampir tidak ada kecemasan meskipun gunung Raung meletus.

Advertisement

“Tadi malam saya dan beberapa warga melakukan pertemuan di Masjid Nurul Huda Desa Sumber Arum. Warga tidak minta apa-apa terkait bencana. Mereka malah minta agar jalan menuju ke Gunung Raung diperbaiki,” kata Anas di pos pengamatan Gunung Raung, Dusun Mangaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Sanggon, Kabupaten Banyuwangi seperti dikutip Madiun Pos dari Okezone.com, Minggu (12/7/2015).

Anas menjelaskan Pemkab Banyuwangi memang tidak memprioritaskan perbaika jalan sepanjang tiga kilometer tersebut. Pasalnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menjanjikan akan membangun jalan tersebut. Pada kenyataannya, hingga kini janji tersebut tidak terealisasi hingga akhirnya Pemkab Banyuwangi mengambil alih.

“Pemkab akhirnya merelokasi anggaran desa lain yang bersumber dari PAK 2015 untuk membangun jalan. Insya Allah dalam dua bulan ke depan jalan sudah terbangun,” kata Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur ini.

Advertisement

Pantauan Okezone di lokasi, aktivitas sejumlah warga yang tinggal di Desa Sumber Arum terlihat seperi biasanya. Tidak ada kecemasan yang terlihat di wajah para warga.

Warga di sekitar Gunung Raung sebagaian besar bermata pencaharian sebagai petani. Mereka mengandalkan hasil perkebunan cengkih warga. Dari segi ekonomi, kehidupan warga cukup lumayan. Hal itu terlihat beberapa rumah di lokasi tersebut terbilang cukup bagus.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif