Lifestyle
Sabtu, 11 Juli 2015 - 09:40 WIB

KULINER SOLO : Ini Deretan Rumah Makan Asyik Sepanjang Jl Adi Sucipto

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rumah Makan Dapur Solo (Bayu P/JIBI/Solopos.com)

Kuliner Solo kaya ragam. Inilah deretan rumah makan di Jl. Adi Sucipto Solo.

Solopos.com, SOLO — Deretan rumah makan berada di kawasan Jl. Adi Sucipto Solo. Tak hanya menyajikan menu ayam goreng, maupun seafood. Deretan rumah makan di kawasan ini juga menawarkan suasana segar area persawahan di kawasan itu.

Advertisement

Berikut ini deretan rumah makan di kawasan Jl Adi Sucipto Solo sebagaimana dihimpun Solopos.com, Jumat (10/7/2015).

Sego Wiwit

Rumah makan Sego Wiwit (Bimo/JIBI/Solopos.com)

Rumah Makan Sego Wiwit merupakan salah satu rumah makan bermodel tradisional yang ada di Jl. Adi Sucipto. Makanan yang ditawarkan cukup beragam, seperti kepiting dan ikan gurame yang dimasak dengan berbagai bumbu. Makanan yang paling khas dari Rumah Makan Sego Wiwit adalah sego wiwit itu sendiri.

Sementara untuk minuman, Sego Wiwit menyediakan beberapa minuman yang sering ditemui oleh para pembeli, seperti es teh, es jeruk, jeruk anget, dan teh anget. Selain itu, Sego Wiwit juga menyediakan minuman spesial, yaitu jus durian dan wedang wiwit. Wedang wiwit adalah semacam teh yang diberi rasa mint.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Rumah Makan Sego Wiwit juga beragam. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain, free Wi-Fi, musala, ruang pertemuan, area bermain anak, toilet, dan area pemancingan.

Untuk jam buka, Intan Permatasari selaku penanggung jawab di Rumah Makan Sego Wiwit yang ditemui Solopos.com, Jumat (10/7/2015), menyebutkan di hari biasa buka pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB. Pada bulan Ramadan, Sego Wiwit buka dari jam 11.00 WIB sampai 21.00 WIB. Untuk hari Lebaran, Sego Wiwit akan tutup dari tanggal 16 Juli sampai 19 Juli 2015.

Advertisement

Boga-Bogi 2

Rumah Makan Boga-Boga 2 (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Boga-Bogi 2 menyediakan makanan spesial untuk para calon pembeli. “Di sini ada dua makanan spesial yang kami siapkan. Pertama, ada gurame bakar madu. Kedua, oseng-oseng lidah cabe hijau,” terang penanggung jawab Rumah Makan Boga-Bogi 2 Aditya Boko Saputra saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Adit juga menambahkan ada dua minuman spesial yang ditawarkan oleh Boga-Bogi 2. “Kalau minuman di sini yang spesial ada jus degan dan es boga-bogi. Es Boga-Bogi itu campuran dari degan, nata de coco, sirup, dan susu putih,” terangnya.

Fasilitas-fasilitas yang ada di Rumah Makan Boga-Bogi 2, antara lain tempat wedding free, sound system, tempat pertemuan, musala, dan toilet. “Untuk tempat wedding free itu hanya terbatas selama 3 jam untuk reguler,” tambahnya.

Pada hari biasa, Boga-Bogi 2 buka pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB. Saat bulan puasa buka untuk menerima tamu pukul 15.00 WIB sampai 21.00 WIB. Untuk hari H Lebaran Boga-Bogi tutup selama dua hari, yaitu tanggal 17-18 Juli 2015.

Ayam Goreng Mbah Mus

Advertisement

Rumah Makan Mbah Mus (Bimo P/JIBI/Solopos.com)

Makanan yang khas dari rumah makan ini adalah ayam goreng kremes. Ayam goreng tersebut akan disajikan dengan sambal dan lalapan.

Untuk minuman, di sini disediakan beragam minuman. Minuman yang disediakan disini antara lain es teh, es jeruk, teh anget, jeruk anget, dan lemon tea.

Fasilitas yang ada disini cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain musala, tempat parkir yang luas, dan toilet.

“Kalau untuk hari biasa, kami buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. Jika memasuki bulan Ramadan, kami buka pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB. Lalu untuk hari H Lebaran besok, kami tutup tiga hari, yaitu 17-19 Juli 2015. Setelah itu kami akan buka seperti biasa lagi,” ungkap penanggung jawab Rumah Makan Mbak Mus Rani Dewi Purwanti saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Soto Ndelik

Rumah Makan Soto Ndelik (Bimo P/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

“Ya namanya saja Rumah Makan Soto Ndelik, ya pasti menu andalannya soto. Di sini ada soto daging sapid an soto ayam,” terang pengelola Rumah Makan Soto Ndelik Joko B. R. Selain itu, Joko juga menambahkan untuk melengkapi soto, disediakan lauk seperti tahu, tempe, perkedel, telur puyuh, sate babat, sate ati, dan ayam goreng.

Berbagai minuman juga ditawarkan oleh Rumah Makan Soto Ndelik. Minuman tersebut, antara lain beras kencur, kunir asem, es dawet, es teh, es jeruk, teh anget, dan jeruk anget.

Untuk fasilitas di rumah makan ini, ada musala dan toilet. “Untuk musala ada di belakang sebelum toilet. Kalau toiletnya ada di sebelah kiri setelah musala,” tambah Joko.

Joko juga mengungkapkan bahwa untuk waktu buka di hari biasa pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Saat bulan Ramadan buka pukul 09.00 sampai 19.00 malam. Untuk hari H Lebaran, Soto Ndelik akan tetap buka. “Waktu liburan kan biasanya malah semakin ramai dibanding biasanya. Jadi kami tetap buka,” ungkap Joko.

Dapur Solo

Rumah Makan Dapur Solo (Bayu P/JIBI/Solopos.com)

Makanan andalan di Rumah Makan Dapur Solo ada tiga, yaitu asem-asem mega, tengkleng, dan ayam klamut. Operational Leader Rumah Makan Dapur Solo Warjiyanto menambahkan, “Asem-asem mega itu iga sapi yang diberi bumbu asem. Kalau tengkleng pakainya daging dan tulang kambing. Lalu, ayam klamut itu ayam kampong yang diberi bumbu rempah.”

Advertisement

Ada beberapa pilihan minuman disini, antara lain, es teh, es jeruk, teh anget, jeruk anget, es degan dan es jus. Warjiyanto menerangkan jus yang ditawarkan di Rumah Makan Dapur Solo ada bermacam-macam. Mulai dari jus alpukat, jambu, melon, sirsak, tomat, jeruk, wortel, dan strawberry.

Untuk fasilitas yang ada di Dapur Solo juga beragam. Dapur Solo menyediakan musala, toilet, area bermain anak, ATV, dan taman.

Dapur Solo untuk hari biasa buka pukul 07.00 WIB sampai 21.30 WIB. Saat bulan puasa, Dapur Solo pada 10 hari pertama libur, 10 hari kedua buka pukul 12.30 WIB, 10 hari ketiga buka pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB. Lalu, untuk hari H Lebaran Warjiyanto menerangkan belum ada informasi dari pemilik. Tetapi, ada kemungkinan tanggal 18 Juli Dapur Solo akan buka pukul 12.00 WIB.

Soto Seger (Soto Seger)
Di Jl. Adi Sucipto, Solo Rumah Makan Soto Seger memiliki dua cabang. Cabang yang pertama ada di pertigaan Ken Dedes. Kedua, ada di sebelah barat International High School kurang lebih 200m.

Soto Seger (Bimo P/JIBI/Solopos.com)

Makanan yang ditawarkan Rumah Makan Soto Seger juga bermacam-macam. “Kalau yang di sini [pertigaan menuju Hotel Ken Dedes] ada soto sapi, soto ayam, sate ayam, bakso dan mie ayam. Kalau yang di sebelah barat IHS, ada soto ayam, soto sapi, selat, gado-gado, nasi pecel, dan ayam goreng,” terang Didik Wahyono selaku pengelola Soto Seger kepada Solopos.com, Jumat.

Untuk minuman, antara Soto Seger dekat Hotel Ken Dedes dan Soto Seger di barat IHS memiliki menawarkan minuman yang sama. Minuman-minuman tersebut antara lain es teh, es jeruk, jeruk anget, teh anget, es campur, dan soda gaembira.

Advertisement

Fasilitas yang ditawarkan di Soto Seger antara lain musala, toilet, tempat makan lesehan, dan ruang pertemuan.

“Waktu buka Soto Seger dekat Ken Dedes pada hari biasa buka pukul 06.00 WIB sampai 03.00 WIB, kalau bulan puasa bisa sampai habis Subuh. Tapi untuk Soto Seger barat IHS hanya sampai pukul 21.00 WIB baik hari biasa maupun bulan puasa,” jelas Didik.

Pada hari H Lebaran Soto Seger tanggal 17-18 Juli 2015 tutup. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kuliner Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif