Letusan Gunung Raung Jatim (detik.com) Letusan Gunung Raung Jatim (detik.com)
Sabtu, 11 Juli 2015 05:05 WIB Aries Susanto/JIBI/Solopos JIBI/Solopos/Newswire Madiun Share :

GUNUNG RAUNG MELETUS
Waspadai Warga Pencari Kayu Bakar dan Berburu

Letusan Gunung Raung mendapatkan perhatian serius dari tim satuan tugas (Satgas) bencana.

Solopos.com, MALANG – Tim Satuan Tugas Bencana Erupsi Gunung Raung, Kabupaten Bondowoso, Jumat (7/10/2015), menelusuri kawasan rawan bencana (KRB) III di radius 0 kilometer sampai tiga kilometer dari kawah. Penelusuran itu dilakukan untuk sosialisasi sekaligus sterilisasi area terdekat dengan kawah.

Komandan Satgas Bencana Erupsi Gunung Raung Kabupaten Bondowoso, Letkol (Arh) Sudrajat, menginformasikan penelusuran dilakukan sepanjang hari Jumat. Tim juga memetakan titik-titik yang biasa digunakan warga beraktivitas.

“Ini juga dilakukan untuk memudahkan evakuasi jika diperlukan,” kata Sudrajat di Malang, Jumat (10/7/2015), seperti dikutip Madiun Pos dari News Okezone.com.

Menurutnya, kebiasaan warga di areal tiga kilometer adalah mencari kayu bakar serta berburu. Mereka biasanya beraktivitas pada pagi dan sore hari. Tim meminta masyarakat tidak masuk ke kawasan di radius tiga kilometer itu selama status Gunung Raung masih Siaga.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya menyampaikan, aktivitas vulkanik Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Provinsi Jawa Timur itu masih tinggi. Pada hari Jumat terpantau asap putih-kelabu, tekanan lemah-sedang, dan erupsi berupa letusan abu dan lontaran material pijar yang disertai suara gemuruh.

Di Banyuwangi, kata Sutopo, terjadi hujan abu tipis di Kecamatan Wongsorejo, Desa Telemung dan Bulusari Kecamatan Kalipuro, dan Desa Tamansari, Kecamatan Licin.

Menurutnya, tipe erupsi Gunung Raung adalah gunung strombolian yaitu gunung api yang letusannya mengeluarkan lava yang cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan letusannya mengeluarkan material padat, gas, serta cairan. “Umumnya letusan ini tidak terlalu kuat, namun bersifat terus menerus, dan berlangsung lama. Tidak dapat diprediksi kapan erupsi berakhir,” katanya.

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…