Soloraya
Sabtu, 11 Juli 2015 - 11:15 WIB

ASAL USUL : Batu dan Sendang Cikal Bakal Dukuh Watuwalang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sesepuh sekaligus Sekretaris Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali, Ali Rosidi , menunjukkan watulawang di samping Sendang Watulawang di Dukuh Watulawang, Kacangan, Jumat (26/6/2015). (Kharisma Dhita Retnosari/JIBI/Solopos)

Asala usul ini terkait cikal bakal Dukuh Watuwalang di Andong Boyolali.

Solopos.com, BOYOLALI – Sebongkah batu hitam persegi empat dan sebuah sendang diyakini menjadi cikal bakal penamaan Dukuh Watuwalang di Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali.

Advertisement

“Batu dan sendang watulawang yang dulu pernah dikeramatkan inilah cikal bakal Dukuh Watulawang. Ini dulu bentuknya tidak seperti ini, ada bagian seperti tumpeng di pucuknya, sekarang sudah rusak. Sejarahnya sendiri juga tidak tahu pasti, hanya dengar dari simbah-simbah jaman dulu,” tutur sesepuh sekaligus Sekretaris Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali, Ali Rosidi kepada solopos.com, Jumat (26/6/2015).

Ali mengatakan bongkahan batu berhiaskan relief lawang atau pintu, oleh warga diletakkan di pinggir sendang yang juga bernama sendang Watulawang. Sebelumnya watulawang tersimpan di sudut kebun tak jauh dari sendang watulawang.

Berdasarkan pengamatan

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif