News
Jumat, 10 Juli 2015 - 05:40 WIB

REFORMASI BIROKRASI : Efisiensi, 144 Lembaga Negara akan Dirampingkan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Reformasi birokrasi akan menyasar ratusan lembaga negara yang langsung berada di bawah presiden.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah berencana merampingkan 144 lembaga negara yang berada langsung di bawah presiden sebagai upaya efisiensi anggaran pemerintah.

Advertisement

Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan akan melakukan audit kelembagaan negara tersebut. Proses audit ditargetkan rampung pada September 2015 atau dua bulan setelah Hari Ray Idul Fitri.

Hal itu salah satu agenda yang menjadi sorotan Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional di bawah pimpinan Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Ada sekitar 144 lembaga negara yang semua bermuara kepada presiden. Wapres berikan arahan melakukan audit kelembagaan dan dalam waktu dekat hasil evaluasi kami laporkan,”ujar Yuddy di Kantor Wakil Presiden, Kamis (9/7/2015).

Setelah rekomendasi atas hasil audit dilaporkan, pemerintah segera menentukan kebijakan, baik dihilangkan, penggabungan, maupun restrukturisasi lembaga-lembaga tersebut. “Penentuan berdasarkan penilaian audit. Misalnya tidak memberi kontribusi yang relevan terhadap pembangunan nasional, apalagi sekadar menghabiskan anggaran tentu akan dibubarkan,” tuturnya.

Advertisement

Perampingan lembaga tidak hanya disebabkan inefisiensi anggaran negara, tetapi juga karena sinkronisasi program-program pembangunan yang saling bergesekan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif