Soloraya
Jumat, 10 Juli 2015 - 00:45 WIB

DANA DESA : Sejumlah Desa Terima Penyaluran ADD Tahap l

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Dana desa di Boyolali mulai dicairkan.

Solopos.com, BOYOLALI — Sejumlah desa di Kecamatan Ngemplak telah menerima Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I sejak awal Juli lalu.

Advertisement

Sekretaris Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Tomy Hartono, mengatakan yang baru diterima desa bulan ini sekitar Rp300juta, sementara dana desa (DD) masih belum cair. Besaran dana di tiap desa bervariasi.

Diakuinya, instrumen RPJMDes sebagai salah satu syarat pencairan DD tahun ini lebih rumit dan terperinci bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut dia, tidak semua desa memiliki SDM dengan kapasitas yang memadai untuk mengerjakan penyusunan RPJMDes. Banyak desa berulangkali melakukan revisi.

Advertisement

“Akhirnya turun juga. Rencana awalnya April sudah turun, tapi tertunda sampai Juli ini. Memang tidak mudah, apalagi item-item lebih terperinci dan detail, terlebih soal angka,” kata dia saat dijumpai Solopos.com di Balai Desa Ngargorejo, Ngemplak, Rabu (8/7/2015).

Terkait pengelolalan dana alokasi desa tersebut, dia mengharapkan adanya pendampingan dari pemerintah untuk penggunaan dana desa tersebut. Meskipun perangkat desa telah menerima bimbingan teknis, pendampingan tetap diperlukan.

Kepala Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Joko Widodo, mengatakan perincian perencanaan pembangunan telah disiapkan. Beberapa perbaikan infrastruktur desa seperti perbaikan talut, jalan, dan lainnya akan direalisasikan dengan dana alokasi desa yang diterima tersebut.

Advertisement

Menurut dia, realisasi perencanaan pembangunan tersebut akan dilakukan setelah Lebaran. Sejumlah infrastruktur memang memerlukan pembenahan.

Dia mencontohkan sejumlah talut sawah dan jalan rusak telah terdata. Selain itu, dua unit kios desa juga menjadi bagian dari perencanaan pembangunan fisik desa.

“Talut sawah di sebelah selatan Desa Ngesrep, pengaspalan sejumlah jalan desa, dan perbaikan kios desa di utara SMPN 1, semuanya sudah siap ditindaklanjuti dengan dana alokasi desa dan dana desa,” kata dia saat dijumpai Solopos.com di Balai Desa Ngesrep, Selasa (7/7/2015).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif