News
Kamis, 9 Juli 2015 - 11:30 WIB

PENGUMUMAN SBMPTN : 948 Peserta Ini Pasti Gagal, Simak Serba Serbi SBMPTN

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo SBMPTN 2015 (Profesi-unm.com)

Pengumuman SBMPTN sangat dinanti seluruh peserta ujian masuk perguruan tinggi jalur reguler ini.

Solopos.com, SOLO — Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi magnet bagi segenap calon mahasiswa yang mengikuti tes jalur reguler tersebut. Sementara ini, tercatat 948 peserta dipastikan tidak lulus.

Advertisement

Pasalnya, penyelenggara SBMPTN di Provinsi Bengkulu mencatat sebanyak 948 peserta tersebut tidak hadir saat tes berlangsung. Ini menjadi faktor yang secara otomatis menyingkirkan 984 peserta itu.

Sebagaimana dilansir Okezone, Kamis (9/7/2015), peserta yang tepergok menggunakan jasa joki saat ujian SBMPTN otomatis ada di-delete dari daftar penilaian.

Masih segar dalam ingatan, pihak pengawas SBMPTN di Makassar dan Solo menangkap basah joki tersebut. Sebagaimana dilansir Detik, Panitia Lokal (Panlok) 44 Solo, menangkap seorang joki berinisial N yang memberi jawaban kepada peserta inisial T di toilet.

Advertisement

Sementara, untuk joki SBMPTN di Makassar yang tertangkap basah pengawas, mengaku menggantikan adik pacarnya yang sakit.

Penyebab kegagalan peserta SBMPTN, selain karena ketidakhadiran saat ujian dan perjokian, adalah nilai yang tidak memenuhi passing grade dari program studi tujuan.

Terlepas dari penyebab kegagalan dalam tes SBMPTN 2015, peserta diharapkan tidak berputus asa dan mengambil jalan pintas. Peserta yang gagal diharapkan tidak tergiur dengan modus penipuan dari pihak tertentu. Ini selaras dengan imbauan penyelenggara SBMPTN yang dikicaukan di media sosial Twitter.

Advertisement

“Hati – hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan panitia SBMTPN 2015,” tulis @SekreSBMPTN, Kamis pagi.

Sebagaimana diketahui bersama, saat ini instansi pendidikan di Indonesia tidak hanya diselenggarakan pemerintah, tapi pihak swasta turut memperhatikan pendidikan. Banyak pula perguruan tinggi swasta yang tidak kalah berkualitas dan masih membuka kesempatan ujian masuk.

Pengumuman SBMPTN 2015 sendiri bisa diakses seluruh peserta Kamis sore ini, pukul 17.00 WIB, di pengumuman.sbmptn.or.id dan 11 situs yang sudah disediakan penyelenggara SBMPTN 2015.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif