Soloraya
Rabu, 8 Juli 2015 - 05:10 WIB

PASAR KEBAKKRAMAT KARANGANYAR : Pemkab Alokasikan Rp637 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa kios baru di Pasar Kebakkramat belum ditempati pedagang, Senin (16/3). Pemerintah Kabupaten Karanganyar memberikan keringanan retribusi menempati kios baru itu dari Rp14.025.000 menjadi Rp7.012.500 yang dibayarkan dalam jangka waktu lima tahun. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Pasar Kebakkramat Karanganyar akan diperbaiki dengan total alokasi Rp637 juta.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengalokasikan dana Rp637 juta untuk merehab sejumlah bagian Pasar Kebakkramat. Sasaran perbaikan adalah saluran di depan kios panjang 135 meter, saluran dalam pasar 36 meter, rehab los pasar 18 meter x 15 meter persegi, dan rehab satu unit kios ukuran 3 meter x 6,5 meter.

Advertisement

Kepala Pasar Kebakkramat, Mariman, menuturkan tiga los masing-masing berukuran 7 meter x 21 meter, 5 meter x 21 meter, dan 7 meter x 21 meter akan direhab. Tiga los itu akan direhab menjadi satu los.

“Tapi, saya enggak tahu jadi ukuran berapa. Katanya habis Lebaran mau dibangun. Tiga los itu milik 68-70 pedagang yang punya izin,” kata Mariman saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (7/7/2015).

Menurut Mariman, Pemkab sudah menyampaikan rencana rehab kepada pedagang. Saat itu, Pemkab berencana mulai merehab los sebelum Lebaran. Tetapi, pedagang menolak. Pedagang beralasan ingin mencari rezeki hingga menjelang Lebaran.

Advertisement

“Sudah pendataan pedagang. Hal yang penting semua terkaver. Kemungkinan akan dibuat petak-petak, tapi enggak seperti sekarang serupa blok dan berbeda lajur,” ujar dia.

Bahkan, pengelola pasar sudah menyiapkan lahan untuk memindahkan pedagang. Lapak milik pedagang yang terkena rehab akan dipindah ke bagian lain, tetapi masih di dalam kompleks Pasar Kebakkramat.

“Perbaikan bertahap. Pembangunan kios bagian depan pada 2014. Nah, ini dapat [anggaran] lagi pada 2015. Sudah ada lahan untuk membuat pasar darurat,” tutur dia.

Advertisement

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Budi Wahyono, menuturkan proyek rehab sejumlah bagian Pasar Kebakkramat sedang proses lelang.

“Pengerjaan proses lelang. Kalau sudah ada pemenang bisa dikerjakan. Kemungkinan pertengahan Desember,” tutur dia saat ditemui wartawan, Senin (6/7/2015).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif