Soloraya
Rabu, 8 Juli 2015 - 04:30 WIB

LEBARAN 2015: Sekali Dayung 6 Toko Busana Muslim Terlampaui, Mau Tahu?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi toko busana muslim (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran sudah di depan mata. Terdapat enam toko busana muslim di daerah Purwosari Solo.

Solopos.com, SOLO – Keadaan sibuk bekerja terkadang membuat pencinta fashion bingung mencari waktu luang untuk berbelanja. Sangat terasa ketika Lebaran 2015 yang sudah di depan mata. Seperti dalam peribahasa, sekali dayung enam toko busana muslim bisa terlampaui jika memburunya di Jl. Perintis Kemerdekaan, Solo, Jawa Tengah.

Advertisement

Di tepian Jl. Perintis Kemerdekaan, Solo itu terdapat enam toko penyedia busana muslim yang siap memanjakan konsumennya. Para pembeli dapat mendatangi keenam toko busana muslim itu, karena jaraknya yang saling berdekatan.

Berbagai busana muslim untuk menyambut Lebaran 2015 ditawarkan dengan keunggulan masing-masing produk. Mulai dari yang berbahan dasar unggulan, merek branded, hingga model terbaru siap dipilih konsumen.

Berikut ini toko-toko busana muslim di Jl. Perintis Kemerdekaan, Puwosari, Laweyan, Solo tersebut:

Advertisement

Bilqis
Diawali dari Showroom Bilqis, di Jl. Perintis Kemerdekaan No.14, Purwosari, Laweyan, Solo. Di tempat ini, banyak ditawarkan gamis terbaru dengan bahan ceruti dengan aplikasi handmade. Ada pula koleksi baju kasual untuk Lebaran 2015 dari bahan katun, linen dan satin. Sementara untuk jilbab yang terlaris, yakni jilbab yang dipergunakan untuk acara resmi dan pesta. Seperti halnya gamis, jilbab ini juga dibuat dari bahan ceruti dilengkapi aplikasi, meskipun bermodel instan.

Produk lain yang ditawarkan Bilqis seperti mukena dan sarung yang dipakai untuk haji dan umroh. Ada pula aksesori, baju koko dan masih banyak lagi. Kelebihan produk Bilqis yaitu terdapat detail aplikasi dalam jahitan setiap produk dan memiliki cutting yang rapi. Untuk target di musim Lebaran 2015 ini, Bilqis berharap dapat naik dibanding tahun lalu.

Showroom Bilqis yang membuka cabang di Jakarta ini memiliki keunggulan yang diklaim sebagai produk buatan pabrik sendiri. Di Lebaran 2015 kali ini, Sahabat Bilqis—sebutan bagi member Bilqis—mendapatkan harga khusus. Tapi jangan khawatir, untuk pembeli baru yang membeli dengan total pembayaran minimal Rp500.000 juga akan mendapatkan kupon berhadiah umrah. Kupon ini akan diundi pada 3 Oktober mendatang bertepatan pada perayaan ulang tahun ke-15 Bilqis.

Azherine
Tak ubahnya dengan Bilqis, Toko Busana Muslim Azherine juga mengunggulkan gamis terbarunya berbahan ceruti. Selain itu, toko yang berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No.18, Purwosari, Laweyan, Solo ini juga menawarkan gamis berbahan jersey.

Advertisement

Bukan jersey yang bermakna kostum olahraga yang dipahami sebagian orang, kain jersey dalam khazanah busana muslim didasarkan pada jenis kain yang berasal dari Pulau Jersey di Kepulauan Channel, antara Inggris dan Prancis. Seperti dilansir Fitinline.com, “Kain jersey adalah jenis tekstil rajutan terbuat dari full katun atau katun dan campuran sintetis. Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus, lebih tebal dari spandek rayon dan tidak berbulu.”

Sedangkan dari situs  Elfatica-Jual Perlengkapan Busana Muslim.com  menyatakan “Entah ini siapa yang memulai, yang jelas sekarang pasar berbicara bahwa jersey yang asli itu adalah Spandex Korea atau di kalangan konfeksi disebut dengan bahan stela.”

Apapun pemaknaan jersey, Suwarno selaku pemilik Toko Azherine yang ditemui Solopos.com, Selasa (7/7/2015), memastikan busana dari bahan itu laris manis di tokonya. “Ini jersey lagi jalan dan habis terus,” ungkapnya.

Namira
Toko Jilbab Namira di Jl. Perintis Kemerdekaan No.23 Purwosari layak pula ditengok, terutama bagi para pengguna busana muslim yang mengidolakan jilbab branded, semacam Elzatta. Dengan singgah ke Toko Namira, para pencinta merek jilbab tersebut tak perlu jauh-jauh pergi ke toko pusat penjualannya. Toko Namira merupakan agen galeri Elzatta dari Kota Jogja. Dengan demikian, Namira memiliki dua brand unggulan, yakni brand Namira sendiri dan brand

Advertisement

Jilbab yang sedang menjadi unggulan Lebaran 2015 adalah jilbab bergo. “Istilah lain dari jilbab langsung,” jelas Luluk selaku supervisor di Toko Namira, Selasa.

Untuk jilbab panjang yang dikenal dengan pashmina, Namira mengunggulkan pashmina motif batik casual yang bisa digunakan saat santai maupun ketika acara resmi.

Namira juga memiliki penawaran diskon 10% untuk pembelian minimal tiga potong jilbab. Menurut Luluk, toko yang buka dari pukul 09.00 WIB pagi hingga 21.00 WIB ini mengunggulkan produk Elzatta karena bahannya enak dipakai. “Enggak nekuk-nekuk dan tinggal nemplek. Kalau kena jarum pentul, seratnya bisa balik lagi,” imbuhnya.

Kheir House Of Moslemah
Toko Busana Muslim Kheir House Of Moslemah baru hadir Oktober 2014 lalu dan langsung mendapatkan omzet melebihi target. Di musim belanja Lebaran 2015, toko yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No.23 ini mengunggulkan produk g “Orang-orang suka yang langsung pakai. Enggak mau nyetelin [pakaian] sendiri,” ungkap Maryati, karyawan Kheir, (7/7/2015).

Advertisement

Berbeda dengan produk unggulan lainnya, Kheir hadir dengan gamis terbarunya berbahan sifon dan berbahan organdi. Keunggulan gamis berbahan sifon adalah lebih ringan dan kainnya tampak jatuh, sementara itu gamis berbahan organdi lebih nge-pas di badan dan terasa sejuk.

Untuk model rok, yang terlaris adalah rok dengan aplikasi renda. Sedangkan jilbab, lebih mengunggulkan produk buatan Kheir sendiri. Jilbab yang dimaksud berbahan sifon langsung pakai yang modelnya dapat digunakan untuk acara resmi ataupun santai.

Yasmin Fashion
Lebaran 2015 yang identik dengan busana berwarna putih menjadi tema unggulan Toko Busana Muslim Yasmin Fashion yang bersebelahan dengan Kheir House Of Moslemah. Pelbagai busana berwarna putih ditawarkan pengelola toko busana muslim itu, seperti gamis yang berbahan sifon perpaduan katun berwarna putih yang dipajang di etalase. Gamis ini dijual dari harga Rp150.000 hingga Rp200.000. Dapat dihargai senilai Rp250.000 apabila sekaligus diborong dengan jilbab pajangannya.

Kendati jenis kain jersey sedang diminati pencinta fashion, Maryati, pemilik toko yang bersebelahan dengan Toko Kheir itu tetap memberi nilai lebih pada bahan buatan Indonesia. “Indonesia ada kain tenun, katun dan batik,” ungkapnya.

Fokus Yasmin Fashion tidak lagi pada pengunjung, karena konsumen terbesarnya ada pada relasi yang ada di luar Jawa. “Meskipun toko sepi, tapi teman –teman yang di luar Jawa banyak (pembelinya),” imbuh pemilik toko yang berdiri sejak 3,5 tahun silam. Namun, pelanggan tetap raja sehingga Yasmin Fashion memberikan harga yang lebih miring dibanding dengan toko lain.

Hijab Story
Hijab Story yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1B hadir dengan koleksi produk-produk Produk yang dijual seperti gamis, baju koko, dan jilbab dari berbagai merek, seperti merek Anggia Handmade, Hana, dan Ria Miranda yang sudah go international.

Advertisement

Toko ini memiliki dua lantai untuk memajang koleksi busana muslim. Lantai I digunakan untuk memajang gamis, koko, dan jilbab yang banyak dipopulerkan oleh aktris Indonesia. Seperti jilbab zakia berbahan sifon jersey yang syar’i menutup dada. Sedangkan lantai II digunakan untuk merek branded seperti Bellissima, Shabilla, Una Style, Syaira.

Selama Lebaran 2015 ini, Hijab Story menawarkan diskon 20%-50%. Selain itu, Hijab Story juga buka toko lebih lama, yakni dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. Kini Hijab Story juga hadir dalam even Solo Paragon Mall yang berlangsung selama sepekan ke depan.

Itulah enam toko busana muslim yang berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Purwosari, Laweyan, Solo yang dapat dipertimbangkan untuk menjadi pilihan saat membeli busana muslim menjelang Lebaran 2015. (Fitria Julestri/JIBI/Solopos.com)

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif