News
Rabu, 8 Juli 2015 - 01:40 WIB

KECELAKAAN TOL CIPALI : Polri Targetkan Penyebab Laka Gran Max Terkuak 3 Hari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana gerbang Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat, Sabtu (13/4/2015). Penggunaan jalan tol terpanjang se-Indonesia dengan jarak 116 kilometer itu dibuka untuk umum mulai Senin (15/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Vitalis Yogi Trisna)

Kecelakaan Tol Cipali, Senin (6/7/2015) malam menewaskan tujuh orang penumpang Gran Max.
Solopos.com, JAKARTA — Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti menargetkan penelitian kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan selesai dalam waktu tiga hari ke depan.
 
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyebab banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalur top terpanjang di tanah air tersebut. Terakhir sebuah minibus Daihatsu Gran Max menabrak truk molen di bahu jalan yang menewaskan hingga enam orang termasuk sopir.
 
“Kecelakaan kemarin kita lakukan penelitian, mudah-mudahan tiga hari ini bisa selesai sehingga diketahui apa penyebabnya,” kata Badrodin di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (7/7/2015).
 
Menurut Kapolri dugaan penyebab kecelakaan ada banyak kemungkinan mulai dari struktur jalan, jarak pandang, faktor rambu lalu lintas dan faktor manusianya. Namun tidak bisa disamaratakan dari ujung ke ujung akibat kesalahan manusia atau human error.
 
“Mungkin ada tempat-tempat tertentu yang memang perlu penelitian lebih lanjut,” ujarnya.
Sebuah minibus Daihatsu Gran Max sarat penumpang mengalami kecelakaan tunggal di kilometer 178 pada Senin (6/7/2015) sore. Kendaraan dari arah Cikopo menuju Palimanan itu menabrak truk molen yang sedang parkir di bahu jalan. 
Dalam kecepatan tertentu membuat kendaraan terpental ke median jalan dan terbakar. Kecelakaan ini terjadi kesekian kali sehingga Polri melakukan penelitian terhadap penyebab kecelakaan yang bertubi-tubi itu. 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif