Jateng
Rabu, 8 Juli 2015 - 08:50 WIB

HARGA KEBUTUHAN : Disperindag Jateng Jamin Harga Sembako Stabil hingga Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pedagang di pasar tradisional. (Harian Jogja-Endro Guntoro)

Harga kebutuhan terutama sembako dijamin oleh Diperindag akan tetap stabil.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah menjamin harga sembako akan terus stabil hingga Lebaran seiring dengan lancarnya distribusi dari petani ke konsumen.

Advertisement

“Kami berupaya memastikan distribusi ini lancar sehingga harga sembako stabil,” kata Kepala Disperindag Jateng Priyo Anggoro di Semarang, Selasa (7/72015).

Menurutnya, meskipun ada naik turun harga, sejauh ini masih terpantau stabil. Salah satu komoditas yang mengalami fluktuasi harga meski kecil yaitu telur ayam ras.

“Tetapi kenaikan harga tidak lebih dari 10 persen sehingga tidak perlu dikhawatirkan,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, karena harga cenderung stabil, pihaknya juga memastikan tidak akan dilakukan operasi pasar hingga pengujung Ramadan kali ini.

“Tidak perlu ada operasi pasar karena daya beli masyarakat tetap terjaga, inflasi juga cukup terkendali. Kami juga berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir terkait distribusi sembako di Jateng,” katanya.

Menurutnya, jika ada kekhawatiran dari masyarakat, akan berdampak pada pembelian yang berlebihan oleh masyarakat sehingga kondisi itulah yang memicu kelangkaan komoditas sembako di pasaran.

Advertisement

Sebelumnya, Priyo mengatakan pada jelang hari besar harga sembako akan dinamis karena tingginya tingkat pembelian dari masyarakat.

“Tetapi sejauh ini semuanya masih dalam batas wajar, bahkan ada penurunan harga misalnya untuk komoditas bawang merah. Bahkan, bawang merah dari Jateng mampu memenuhi sebagian kebutuhan nasional,” katanya.

Sedangkan untuk beras, stok beras dari Bulog Divisi Regional Jateng mampu memenuhi hingga lima bulan ke depan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif