Sport
Rabu, 8 Juli 2015 - 06:25 WIB

CONCACAF GOLD CUP 2015 : Hadapi Jamaika Jadi Ujian Pertama Kosta Rika

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Concacaf Gold Cup 2015 akan menjadi ujian pertama Kosta Rika saat bertemu Jamaika.

Solopos.com, CALIFORNIA— Sudah setahun berlalu namun Kosta Rika tak ingin mengabaikan begitu saja spirit dan kualitas mereka di Piala Dunia 2014 di Brasil. Tim berjuluk Los Ticos itu justru bertekad mengulang laju impresif serupa di ajang Piala Emas 2015 Concacaf di Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Kosta Rika akan memulai laga pembuka Grup B Piala Emas 2015 dengan menantang Jamaika, Kamis (9/7/2015) pagi WIB.  Skuat besutan Paulo Wanchope itu dijagokan menjadi penantang serius untuk Amerika Serikat (AS) dan Meksiko dalam persaingan memperebutkan gelar juara.

Kosta Rika menyedot perhatian dunia dan terutama rival-rivalnya di Amerika Tengah dan Utara seusai tampil sebagai perempat finalis Piala Dunia tahun lalu di Brasil.

Advertisement

Kosta Rika menyedot perhatian dunia dan terutama rival-rivalnya di Amerika Tengah dan Utara seusai tampil sebagai perempat finalis Piala Dunia tahun lalu di Brasil.

Pencapaian tersebut menjadi amat membanggakan mengingat tim yang mereka singkirkan di babak grup adalah dua jagoan Eropa, Inggris dan Italia. Los Ticos lolos ke putaran 16 besar sebagai juara Grup B, mengungguli raksasa Amerika Selatan, Uruguay, yang hanya tampil sebagai runner up.

Di babak 16 besar, Kosta Rika menjegal Yunani sebelum langkah mereka terhenti di babak perempat final. Los Ticos kalah dari Belanda melalui adu penalti.

Advertisement

Fakta itu pula yang menjadikan Kosta Rika dijagokan sebagai kuda hitam di Piala Emas tahun ini. Satu-satunya kabar buruk dari skuat Paulo Wanchobe adalah mereka belum sekali pun mencatat kemenangan pada 2015.

Dari lima pertandingan persahabatan tahun ini, Los Ticos menelan tiga kekalahan dan mencatat dua imbang. Hasil terbaru melawan Meksiko akhir Juni lalu, kedua tim bermain imbang 2-2.

Meski begitu, Jamaika bukan lawan yang bisa dipandang enteng. Jamaika menjanjikan pertempuran sengit pada tengah pekan ini di Stubhub Center, Carson, California, Amerika Serikat.

Advertisement

Jamaika membawa bekal buruk selalu kalah di babak grup Copa America 2015, bar-baru ini. Namun, lawan mereka bukanlah tim sembarangan. Reggae Boyz, julukan Jamaika, menderita kekalahan dengan skor identik 0-1 melawan Uruguay, Paraguay, dan Argentina, namun pada saat yang sama selalu menyulitkan lawan-lawannya para raksasa Amerika Selatan itu.

Asisten pelatih Jamaika, Miguel Coley, menyebut hasil yang didapatkan timnya di ajang Copa America justru menjadi momentum tepat untuk tampil lebih baik. Terlebih, mereka akan diuntungkan fakta Kosta Rika yang tak akan diperkuat kiper andal Keylor Navas di bawah mistar gawang.

“Kami sedang dalam momentum yang bagus dan tidak boleh berhenti begitu saja, namun tim harus berjuang untuk berkembang. Saya tahu para pemain dalam kondisi yang bagus dengan mental yang kuat. Saya juga tahu mereka sangat fokus menyambut turnamen ini,” ujar Coley dilansir jamaicaobserver.com, Selasa (7/7/2015). (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement

Inilah timnas Kosta Rika yang akan berhadapan dengan Jamaika di Piala Emas 2015. Ist/govisticostaric

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif