Jogja
Selasa, 7 Juli 2015 - 19:20 WIB

Taman Pintar dan Australia Gelar Workshop Robotik untuk SD dan SMP

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi robotik (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Taman Pintar dan Macquarie University Australia menyelenggarakan workshop robotik untuk pelajar tingkat SD dan SMP

Harianjogja.com, JOGJA – Taman Pintar Kota Jogja bekerjasama dengan Macquarie University Australia menyelenggarakan workshop robotik untuk pelajar tingkat SD dan SMP. Workshop ini dipandu langsung tujuh orang mahasiswa dan satu dosen dari Macquarie University mulai 2 Juli – 22 Juli 2015 bertempat di Laboratorium Sains, Gedung Kotak Lantai 3 Taman Pintar.

Advertisement

Kepala Seksi Humas dan Pemasaran Taman Pintar Jogja Afia Rosdiana mengatakan sebanyak 10 SD dan 10 SMP dari wilayah Kota jogja telah mengirimkan 15 perwakilannya. Workshop ini  seluruh peserta diberikan pelatihan mengenai pembuatan dan pemrogaman robot sederhana menggunakan robot Edison.

“Macquarie University secara khusus mendesain materi pelatihan dengan empat tingkat kesulitan, yang diberikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan dan keterampilan para peserta. Misalnya pada materi tingkat pertama, peserta diberikan pelatihan tentang bagaimana membuat robot yang dapat berjalan mengikuti garis lurus,” jelas Afia.

Afia menambahkan pada 24 Juli 2015, akan diselenggarakan kompetisi robotik antar peserta bertempat di Phytagoras Hall, Gedung Kotak Lantai 1 Taman Pintar. Hal ini untuk sarana “unjuk gigi” peserta dalam menyerap materi pelatihan yang baru mereka dapatkan.

Advertisement

Kerjasama ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan dan memacu kreativitas generasi muda Indonesia terhadap sains, khususnya teknologi robotik. Hal ini juga sejalan dengan visi Taman Pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains terbaik se-Asia Tenggara, serta memperkuat citra Kota Jogja sebagai kota budaya, kota pendidikan dan kota pelajar.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kontes Robot Taman Pintar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif