Teknologi
Selasa, 7 Juli 2015 - 05:10 WIB

Adidas Bikin Sepatu dari Jala Ikan Bekas

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sepatu Adidas dari jala ikan bekas (Snakerbardetroit)

Adidas membuat sepatu menggunakan bahan jala ikan bekas.

Solopos.com, SOLO – Adidas membuat sebuah terobosan baru dengan menciptakan sepatu yang terbuat dari jala ikan bekas. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kesadaran untuk mengurangi pencemaran laut.

Advertisement

Seperti dilansir Cnet, Minggu (5/7/2015), Adidas menggandeng lembaga peduli laut, Parley for the Oceans, untuk membuat sepatu itu. Jala ikan bekas yang digunakan untuk membuat sepatu itu merupakan jala yang terlantar di perairan. Jala itu dikumpulkan oleh lembaga yang menjadi mitra Parley for the Oceans, Sea Shepherd.

Teknik pembuatan sepatu itu adalah dengan cara menyulam. Semua bahan yang ditemukan digunakan semua untuk membuat sepatu sehingga tidak ada lagi jala yang mencemari laut. Saat ini proyek tersebut memang masih berfokus pada jala ikan bekas, namun ke depannya sepatu bisa dibuat dari material sampah lain.

“Tujuan kami adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan menginspirasi kolaborasi baru yang dapat berkontribusi untuk melindungi dan melestarikan lautan,” kata pemilik Parley for the Oceans, Cyrill Gutsch.

Advertisement

Kabarnya tak hanya sepatu, brand asal Jerman itu juga akan membuat baju atau celana dari sampah daur ulang. Pencemaran laut memang menjadi masalah di era sekarang. Akibatnya banyak

Menurut United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization, terdapat 46.000 sampah plastik di setiap mil persegi lautan. Sampah plastik itu berpotensi membunuh lebih dari 1 juta burung laut dan 100.000 mamalia laut setiap tahunnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif