News
Senin, 6 Juli 2015 - 02:30 WIB

PILPRES AS 2015 : Hillary Clinton Tuding Tiongkok Curi Informasi Rahasia AS

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hillary Clinton (JIBI/Solopos/Reuters)

Pilpres AS memasuki tahapan kampanye. 

Solopos.com, WASHINGTON – Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, menuding Tiongkok mencuri banyak informasi pemerintah dan rahasia dagang, Sabtu (4/6/2015).

Advertisement

Berbicara dalam sebuah acara kampanye di New Hampshire, Hillary mengatakan ia ingin melihat peningkatan perdamaian dengan Tiongkok.

Meski demikian ia tetap menyerukan kewaspadaan penuh terhadap Tiongkok. “Kekuatan militer Tiongkok berkembang pesat. Mereka mendirikan instalasi militer yang kembali mengancam negara-negara sekutu kita, seperti Filipina karena mereka membangun di wilayah yang disengketakan,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/6/2015).

“Mereka juga berusaha untuk meretas segala sesuatu yang tidak bergerak di Amerika. Mencuri rahasia perdagangan dari kontraktor perdagangan, mencuri sejumlah besar informasi pemerintah, semua demi mencari sebuah keuntungan,” bebernya mantan Sekretatis Negara AS itu.

Advertisement

Sementara ditanya tentang pernyataan Clinton, pejabat Gedung Putih menolak berkomentar. Dalam kasus baru terkait tuduhan peretasan data. Kepala Intelijen AS, James Clapper, Juni lalu mengatakan Tiongkok merupakan tersangka utama peretasan data Kantor Manajemen Personalia (OPM) yang memiliki catatan 4,2 juta pengawai dan mantan pegawai pemerintah. Tiongkok seperti dikutip dari bbc.com telah membantah tudingan itu.

Pada satu sisi, kandidat presiden dari Partai Republik, Marco Rubio dan Rick Perry telah meminta pemerintah untuk mengeluarkan ancaman sanksi terhadap organisasi terkait aksi peretasan. Sementara itu, kandidat lain dari dari Partai Demokrat, Martin O’Malley menyerukan pendanaan yang lebih baik untuk keamanan cyber.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif