News
Senin, 6 Juli 2015 - 15:50 WIB

INFO MUDIK : Tekan Kecelakaan, Polri Siapkan Jalur Khusus Motor

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pemudik berboncengan sepeda motor melintasi Jembatan Bantar di perbatasan Kulonporgo, Selasa (22/7/2014). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Info mudik bagi para pemudik pemotor akan disiapkan jalur khusus.

Solopos.com, JAKARTA—Polri menyiapkan jalur alternatif dengan rest area khusus yang dapat digunakan pengendara sepeda motor saat arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun ini.

Advertisement

Jenderal Polisi Badrodin Haiti, Kapolri, mengatakan selama ini sepeda motor terlibat dalam 70% kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, pihaknya menyediakan jalur alternatif khusus, lengkap dengan fasilitas rest area untuk pemudik yang menggunakan motor untuk mudik tahun ini.

“Kami siapkan jalur khusus untuk sepeda motor dari Karawang hingga Ciasem dan Cikalong, sehingga tidak melalui jalur pantai utara Jawa,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/7/2015).

Badrodin menuturkan di sepanjang jalur tersebut akan ada enam rest area dengan fasilitas tempat istirahat dan rumah makan yang dapat digunakan pengguna sepeda motor. Pasalnya, pengendara motor harus beristirahat setelah melakukan perjalanan selama dua jam untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Advertisement

Menurutnya, rest area untuk pengendara sepeda motor akan disiapkan di Polres Bekasi, Subang, Indramayu, Brebes, dan Cirebon. Diharapkan pengendara tidak ragu untuk berhenti dan beristirahat saat melintasi kawasan tersebut, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas sepanjang arus mudik dan balik tahun ini.

“Kalau sudah dua jam naik sepeda motor kan perlu istirahat, tangan juga sudah mulai kebas dan harus berhenti untuk dipijit. Di situ [rest area] itu juga ada,” ujarnya.

Polri juga memperkirakan beroperasinya tol Cikopo-Palimanan tidak langsung menghilangkan kemacetan di jalur Cikampek-Cirebon yang selama ini digunakan pemudik. Untuk itu, Polri akan tetap menyiagakan personelnya untuk menjaga keamanan dan pengaturan lalu lintas.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif