Entertainment
Senin, 6 Juli 2015 - 18:40 WIB

ASHOKA ANTV : Catatan Sejarah, Istri Pertama Ashoka Tak Jadi Ratu Utama

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Serial Ashoka (Plus.google.com)

Ashoka Antv menjadi salah satu serial kolosal India yang tayang di Tanah Air.

Solopos.com, SOLO — Saat ini, serial Ashoka Antv memasuki kisah masa remaja Ashoka. Sebagaimana dalam serial televisi, di sejarah India tercatat, Ashoka kecil adalah anak yang cerdas dan  tangkas.

Advertisement

Beranjak dewasa, Ashoka bertemu dengan Devi di Ujjain. Ia jatuh cinta dengan Devi lalu menikahinya.

Berdasarkan pelbagai sumber sejarah Dinasti Maurya yang Solopos.com himpun, Senin (6/7/2015), Devi bernama lengkap Vedisa Mahadevi Sakyakumari. Ia merupakan istri pertama Ashoka.

Pernikahan Ashoka dengan Devi ini menghasilkan dua anak, yaitu Pangeran Mahendra dan Putri Sanghamitra. Mahendra dan Sanghamitra inilah yang kemudian menjadi penerus Ashoka dalam penyebaran agama Buddha.

Advertisement

Anak Saudagar
Tercatat dalam sejarah India, Devi adalah putri seorang pedagang Vedisagiri. Setelah menikah, Ashoka memanggil Devi dengan Vedisa Mahadevi. Ashoka juga menyematkan panggilan Sakyani atau Sakyakumari karena Devi adalah anak saudagar. [Baca: Dinasti Maurya, Titik Balik Spiritualisme Ashoka]

Sebenarnya, pernikahan Devi dan Ashoka ini merupakan satu revolusi di Dinasti Maurya. Pasalnya, Ashoka dan Devi dipandang berbeda kasta. Namun, Ashoka dan Devi yakin dengan hubungan mereka. [Baca: Catatan Sejarah: Kematian Asandhimitra Tuntun Ashoka Nikahi Wanita Muda]

Suatu saat, dikisahkan dalam sejarah, Devi tidak bisa meyakinkan Ashoka tentang ajaran Buddha. Ashoka pun pergi meninggalkan Devi dan dua anaknya di Vedisa, selain ia memang harus kembali ke Pataliputra.

Advertisement

Devi tidak menyusul Ashoka ke Pataliputra sehingga ia tidak diangkat menjadi ratu utama di Dinasti Maurya. Gelar Agramahisi pun jatuh ke istri Ashoka yang bernama Asandhimitra. Dalam sejarah, Asandhimitra dikisahkan menjadi wanita yang cukup berpengaruh saat masa kepemimpinan Ashoka.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif