Entertainment
Senin, 6 Juli 2015 - 09:00 WIB

ABAD KEJAYAAN ANTV : Catatan Sejarah Raziye, Putri Suleiman dari Selir Nazenin

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Raziye Sultan (Youtube.com)

Abad Kejayaan Antv memunculkan nama bayi baru, yaitu Raziye.

Solopos.com, SOLO — Raziye dalam serial Abad Kejayaan Antv dikisahkan lahir dari selir Suleiman bernama Nazenin. Kelahiran Raziye ini juga sempat membuat Hurrem, istri sah Suleiman merasa cemburu dan khawatir.

Advertisement

Dalam sejarah Ottoman, Raziye juga dikenal dengan nama lengkap Tasasz Raziye Sultan. Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Sabtu (4/7/2015), Raziye dimasukkan dalam silsilah putri Mahidevran. [Baca: Kisah Tragis Mahidevran]

Raziye juga dikenal sebagai adik perempuan Mustafa, namun tidak disebutkan apakah sebagai adik tiri atau adik kandung. Ada pula sumber sejarah yang menulis Raziye adik dari Mustafa dan Ahmed, yang tak lain juga anak-anak Mahidevran. [Baca: Catatan Sejarah Nurbanu Alias Cecilia Permaisuri Selim]

Tumbuh sebagai salah satu putri Suleiman, penguasa Ottoman, Raziye yang diperkirakan lahir sekitar 1514 menikah dengan penasihat kepercayaan Mustafa, yaitu Anatolia Taslicali Yahya Efendi. Melalui pernikahannya tersebut, Raziye dikaruniai dua putri, yaitu Elif Sultan dan Safiye Sultan.

Advertisement

Tidak banyak sejarah Turki yang mencatat peran Raziye di masa kejayaan Ottoman. Kematiannya pun tidak diulas. Ia hanya tercatat mengembuskan napas terakhir sekitar tahun 1570 dan dimakamkan di kawasan Yahya Efendi Turbe.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif