Lifestyle
Minggu, 5 Juli 2015 - 04:15 WIB

TIPS PUASA : Indikasi Puasa Sehat Diketahui dari Berat Badan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa (themuslimtimes.org)

Tips puasa kali ini mengenai tanda-tanda puasa Anda sehat.

Solopos.com, JAKARTA — Indikasi dari puasa yang sehat dapat dilihat dari berat badan antara sebelum dan setelah bulan Ramadhan.

Advertisement

“Apakah kita mendapat hikmah sehat setelah berpuasa? Cara mengetahuinya sederhana saja datang ke alat timbang berat badan dan ukur berat badan anda,” kata pakar kesehatan dan praktisi klinis dr Ari Fahrial Syam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/7/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Menurut pengajar gastroentrologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu, jika berat badan turun berarti kita telah melakukan puasa sesuai anjuran.

Namun jika berat badan anda tetap atau bahkan naik, lanjutnya, berarti kita dinilai telah salah memaknai puasa karena kita melakukan pengendalian diri dalam hal mengkonsumsi makan dan minum.

Advertisement

“Padahal kita sudah dikasih kesempatan untuk mengatur makan kita. Dan kalau kita tetap terus makan berlebih-lebihan di sisa puasa ini kondisi ini akan tambah parah lagi berat badan kita akan naik,” katanya.

Ari mengaku pada puasa kali ini, dirinya telah turun 3 kilogram dan berharap mudah-mudahan bisa mencapai penurunan sampai 4 kilogram pada akhir puasa kelak sehingga mencapai penurunan 5 persen berat badan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif