Jogja
Minggu, 5 Juli 2015 - 14:20 WIB

PARKIR DI JOGJA : Parkir GL Zoo Meluap, Warga Dilibatkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gembiraloka Zoo (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Parkir di Jogja, utamanya di Gembira Loka Zoo akan dibantu komunitas setempat.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Perhubungan(Dishub) Jogja akan melibatkan komunitas warga di sekitar Gembira Loka Zoo untuk membantu mengatur luapan parkir tempat wisata itu selama musim libur Lebaran.

Advertisement

“Akan ada 10 warga yang dilibatkan untuk membantu mengatur luapan parkir tempat wisata ini. Bagaimana mekanismenya, masih terus kami koordinasikan,” kata Kepala Bidang Perparkiran Dishub Kota Jogja, Johan Pinem di Yogyakarta, Sabtu (4/7/2015).

Menurut dia, luapan parkir kendaraan wisatawan di kebun binatang tersebut selalu saja terjadi saat libur Lebaran akibat kapasitas parkir yang dimiliki tempat wisata itu terbatas.

“Dengan bantuan dari warga, parkir kendaraan bisa lebih rapi dan tertib meskipun penuh,” katanya.

Advertisement

Pada saat libur Lebaran atau libur panjang sekolah Gembira Loka Zoo selalu dipadati pengunjung sehingga banyak kendaraan wisatawan yang tidak tertampung parkir di dalam lokasi wisata memilih menggunakan bahu jalan untuk parkir.

Pada libur Lebaran tahun ini, Gembira Loka Zoo akan menambah lokasi parkir baru yang berada tidak jauh dari pintu masuk tambahan di sisi barat. Area parkir baru tersebut diperkirakan mampu menampung sekitar 500 kendaraan.

Area parkir baru tersebut tidak hanya akan digunakan selama libur Lebaran tetapi akan dibuka pada saat libur panjang atau akhir pekan guna mengantisipasi kepadatan parkir di lokasi parkir lama.

Advertisement

Selama ini, Gembira Loka Zoo mengandalkan parkir lama yang bisa diakses pengunjung dari pintu masuk sisi timur.

Pengelola sudah merelokasi pedagang yang berada di bagian tengah parkir lama, namun kapasitas parkir tersebut tetap tidak mampu menampung kendaraan pengunjung.

Sementara itu, Manajer Marketing dan Pengembangan GL Zoo Joseph Kurniawan memperkirakan jumlah pengunjung saat libur Lebaran mencapai lebih dari 200.000 wisatawan.

“Tahun lalu jumlah wisatawan mencapai 200.000 orang. Dimungkinkan karena tahun ini meningkat karena kecenderungannya selalu ada peningkatan dari tahun ke tahun,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif