Jatim
Sabtu, 4 Juli 2015 - 11:05 WIB

SIAGA GUNUNG RAUNG : Dikunjungi Bupati, Warga kaki Gunung Raung Malah Protes, Kenapa?

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Banyuwangi, Andullah Azwar Anas saat menemui warganya di kaki Gunung Raung. (Detik.com)

Siaga Gunung Raung di Jawa Timur mendapatkan perhatian penuh dari Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Madiunpos.com, BANYUWANGI – Sejak status Gunung Api Raung dinyatakan naik dari waspada menjadi siaga, warga yang berada di Dusun Mangaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi selalu ramai mendatangi pos pantau gunung api (PPGA) raung yang berada di desanya.

Advertisement

Namun sore ini, warga dibikin kaget karena tiba-tiba desanya dikunjungi oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Namun ketika desa ini didatangi orang nomor satu di daerahnya, warga setempat malah beramai-ramai menggerutu dan protes. Apa keluhan mereka?

“Pak Bupati, jalan desa ini rusak parah. Kapan mau diperbaiki?,” celetuk Suyanto, warga setempat saat bertemu dengan Anas di PPGA Raung, Jumat (3/7/2015).

Advertisement

Bersahut kemudian, celetukan lainnya juga menimpali keluhan yang sama. Sebagian warga serentak menanyakan kapan jalan kampungnya akan diperbaiki. Mereka ngotot minta jalan desanya diperbaiki lantaran jalan itu juga dijadikan jalur evakuasi Gunung Raung.

“Pak Bupati ini kan jalan untuk evakuasi. Kenapa kok tidak segera diperbaiki?,” kata warga lainnya.

Dusun Mangaran, Desa Sumber Arum, Songgon, merupakan desa yang berjarak sekitar 10 kilometer (km) dari puncak Gunung Raung. Sepanjang jalan ini, kira-kira sejauh 3,4 km memang terpantau rusak parah. Padahal jalan ini merupakan akses satu-satunya yang digunakan oleh warga jika proses evakuasi Gunung Raung terjadi.

Advertisement

Menanggapi keluhan warganya, apa tanggapan Anas? Pria yang memasuki tahun ke lima memimpin Banyuwangi ini merasa kaget ketika mendengar keluhan warganya. Pasalnya pihak Pemkab Banyuwangi telah memberikan anggaran untuk memperbaiki jalan yang sedianya juga dijadikan akses jalan evakuasi Gunung Raung tersebut. Namun kenyataannya, hingga kini jalan itu juga belum diperbaiki.

“Saya agak kecewa, saya pikir sudah dibangun (jalannya) ternyata malah dibangun ke Dusun Bejong (Dusun yang lokasinya bersebelahan dengan Dusun Mangaran),” terang Anas.

Raut kecewa langsung terlihat dari wajah Anas. Namun selepas pihaknya berkoordinasi dengan pihak SKPD terkait, Pemkab berjanji akan membangun sebagian jalur evakuasi Gunung Raung di desa setempat.

“Sementara kita bangun, diajukan ke PAK. Saya pindah rute lain kesini, yang penting ditambah dulu perbaikannya menuju kesini,” pungkas Anas.

Advertisement
Kata Kunci : SIAGA GUNUNG RAUNG
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif